Ini Dia 5 Manfaat Berenang Untuk Kita!

Kami jelas menyukai olahraga berenang! Ini adalah olahraga yang dapat Anda lakukan pada usia berapa pun asalkan Anda telah belajar berenang atau belajar berenang dengan bantuan langsung seorang guru.

Selain menyenangkan, berenang juga memiliki manfaat kesehatan yang asli, jadi apakah Anda berenang untuk rekreasi, kebugaran, atau kompetisi yang lebih serius, tubuh Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya.

Berikut adalah lima dari banyak manfaat berenang bagi tubuh yang akan Anda dapatkan dari berenang dan mengapa kami pikir itu salah satu olahraga terbaik untuk seumur hidup Anda!

Pertama, seperti olahraga apa pun, berenang membantu membangun daya tahan, kekuatan otot, dan kebugaran kardiovaskular. Secara khusus, karena aktivitas fisik yang diperlukan untuk berenang melalui air, Anda mendapatkan latihan ini dalam periode waktu yang sangat kompak bila dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Mungkin karakteristik terbesar dan terbaik dari berenang jika dibandingkan dengan sebagian besar kegiatan lainnya adalah dampaknya rendah. Tidak seperti lari, tenis atau bola basket, misalnya, di mana persendian dan lutut Anda dapat memukul benturan atau perubahan arah, kurangnya berenang berdampak tinggi saat Anda bergerak di dalam air menjadikannya kegiatan yang menurunkan tekanan pada persendian Anda. Ini membantu mencegah cedera, sekaligus membuat tubuh Anda lebih kuat secara bersamaan.

Berenang adalah latihan semua tubuh yang hebat. Banyak olahraga dapat memberi Anda latihan yang bagus di satu bagian tubuh Anda, tetapi sangat sedikit yang dapat memberikan latihan seluruh tubuh seperti berenang, karena hampir semua otot Anda digunakan saat melakukan pukulan utama di dalam air (kecuali Anda memutuskan hanya menggunakan kickboard, misalnya). Selain itu, Anda dapat mencampur variasi stroke Anda untuk melatih otot Anda dengan berbagai cara dan gerakan. Berenang itu unik dalam pengertian ini karena dapat membantu meminimalkan ketidakseimbangan otot yang mungkin Anda kumpulkan dari waktu ke waktu dari olahraga lain atau aktivitas berulang yang tidak menampilkan latihan semua tubuh yang sama.

Karena berenang adalah kegiatan yang baik untuk pembakaran kalori, berenang teratur bermanfaat untuk membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Kita mungkin tidak bisa makan 10.000 kalori yang menurut Michael Phelps dia makan selama hari-hari Olimpiade, tetapi tidak pernah terdengar membakar 1000 kalori secara teratur selama waktu berenang yang panjang. Itu adalah beberapa angka yang cukup mengesankan – kecuali Anda Phelps.

Terakhir, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat stres bagi individu yang menjadikan latihan berenang sebagai bagian dari hari mereka. Jadi pada akhir hari yang panjang di kantor atau di sekolah, melompat di kolam tidak hanya baik secara fisik untuk Anda tetapi juga dapat menyegarkan secara mental juga. Atau mulailah hari Anda dengan tingkat stres yang lebih rendah dengan berenang di pagi hari. Kami yakin itu akan memberi Anda pandangan yang lebih baik untuk memulai hari!

Ada banyak manfaat lain untuk berenang mulai dari persahabatan tim renang hingga disiplin diri hingga fokus mental, tetapi semua ini tergantung pada berbagai faktor lain. Lima manfaat kesehatan yang tercantum di atas adalah buah dari kerja keras Anda yang akan Anda peroleh tidak peduli apa pun jenis berenang yang Anda lakukan: renang kebugaran, berenang santai atau balap tingkat atas.