Perbedaan Tipe Silent dan Open Pada Genset Yanmar

Perbedaan Tipe Silent dan Open Pada Genset

Perbedaan Tipe Silent dan Open Pada Genset – Sebagaimana yang kita ketahui, genset (generator set) merupakan sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Mengapa demikian? Adapun generator set adalah pengertian dari satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu generator atau alternator dan engine. Banyak dijumpai para pedagang yang menjual genset Yanmar yakni salah satu merk produk genset ternama.

Berdasarkan informasi dari perusahaan jual genset yanmar di bandung terdapat 2 jenis genset yang banyak beredar di pasaran, yaitu genset open dan genset silent. Alat ini biasanya digunakan sebagai penghasil listrik cadangan ketika pasokan listrik yang ada sedang mengalami gangguan atau pun bisa dijadikan sebagai sumber listrik saat tidak ada pasokan listrik (saat camping, mati listrik, dan sebagainya).

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara tipe open dan silent pada genset, antara lain.

Genset Open

Genset open atau yang biasa dikenal dengan genset tipe terbuka adalah sebuah genset yang umum digunakan oleh masyarakat. Tipe genset seperti ini memiliki beberapa tipe, terutama untuk kapasitas listrik yang dibuatnya. Mengapa disebut Genset Open? Hal ini dikarenakan genset terbuka ini tidak dilengkapi oleh box (canopy/rumah genset).

Sehingga, genset ini biasanya digunakan oleh para pengguna yang memiliki power house sendiri dan dirancang khusus untuk penempatan genset dalam sebuah ruang atau pun gedung yang kedap suara. Adapun kelebihan dari genset open yaitu lebih mudah merawatnya karena bentuknya yang terbuka sehingga mudah di bongkar pasang.

Tentunya genset jenis ini, didesain dalam kondisi yang siap digunakan serta dilengkapi dengan panel cotroller yang mudah dipahami. Selain itu, tangki solat pada genset tipe ini cukup gampang dipasang dan juga knalpotnya sudah terpasang langsung pada bagian mesin.

Genset Silent

Lain halnya dengan genset open, genset silent biasanya diproduksi secara lengkap dengan menyediakan sebuah rumah genset atau canopy. Sehingga, suara mesin yang dihasilkan genset ketika dinyalakan akan terdengar tidak terlalu berbisik. Selain itu, rumah genset ini juga mampu melindungi sistem genset dari kondisi panas maupun hujan. Canopy tersebut biasanya dilapisi oleh plat besi dan juga busa peredam suara.

Harga genset tipe open cenderung lebih murah dibandingkan dengan genset bertipe silent ini. Namun, jika membahas persoalan pada segi performa, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Genset tipe silent juga bisa ditempatkan dimana saja dalam ruangan.