Cara Membuat Sambel Bawang Bagi Kamu Pecinta Pedasss

siapa yang tidak suka dengan lalapan pedas yang satu ini. ya, sambel bawang merupakan sambal yang cara mengolahnya menggunakan bahan bahan yang mudah untuk didapatkan. Sambel bawang yang mempunyai cita rasa nikmat dan lezat, dimulai dari kombinasi cabai pedas yang dipadukan dengan rasa bawang yang gurih dan diolah dengan cara yang praktis membuat sambel ini disukai oleh ibu ibu rumah tangga karena kepraktisannya.

Sambel yang cocok disantap oleh apa saja seperti nasi hangat dan gorengan maupun makanan berkuah menjadi semakin menyenangkan ketika sedang makan.

Makanan yang cocok disantap bersamaan dengan sambel bawang adalah tahu, tempe, ayam goreng, sop sayur, dll. cara makannya kamu hanya perlu mencocolkan makajan itu tadi kedalam sambel bawangnya dan rasakan sendiri sensasinya.

Selain sambal bawang memiliki rasa yang unik, sambel ini juga mengandung gizi yang semuanya baik untuk tubuh. contohnya cabe yang mengandung vitamin A dan C, dan bawang putih mengandung mineral yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti mampu menurunkan tekanan darah, dan kaya akan antioksidan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Manfaat bawang putih bagi jantung

bawang putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah baik bagi kesehatan jantung. sebuah penelitian mengungkapkan data bahwa penggunaan suplemen dengan kandungan ekstrak bawang putih memiliki potensi memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Tak hanya bagus bagi jantung saja , bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bawang putih memiliki kandungan zat allicin yang mampu menjadi antibiotik alami dan juga antijamur.

3. bawang putih mampu mencegah kanker

banyak penelitian yang mengecek bagaimana efek bawang putih dalam mengatasi kanker. beberapa penelitian menyimpulkan bawang putih mampu menekan aktivitas bibit sel kanker.

4. Mampu  menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Kandungan Ekstrak dari bawang putih juga mampu menurunkan  hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan jika bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus.

manfaat dan khasiat dari bawang putih bisa lebih optimal didapatkan jika kamu mengonsumsinya secara mentah atau belum diolah, sehingga zat yang ada terkandung di dalam bawang putih masih utuh. kegiatan memasak bawang putih apalagi sampai terlalu matang akan menghancurkan zat yang terkandung didalamnya.

Cara Membuat Sambel Bawang

Bahan-Bahan

  • 10 buah Cabai rawit
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 butir Bawang merah
  • Garam
  • Gula pasir
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Sambal Bawang Sederhana

  1. Panaskan minyak pada wajan untuk menumis bahan bahan.
  2. Masukkan bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang, bawang merah, dan cabai, kemudian ditumis sampai layu.
  3. Tiriskan bawang putih bawang merah, dan cabai.
  4. bahan-bahan tadi diulek sampai lembu dan tercampur rata.
  5. Campur gula dan garam  sesuai selera sambil diicipi.
  6. Sambal bawang yang tadi dibuat siap disajikan.
  7. sambel bawang enak jika disantap saat keadaannya masih panas atau hangat. jadi ketika dibuat, sebaiknya langsung dimakan.

nah, itulah resep cara membuat sambal bawang yang mudah dan praktis bisa kamu coba dirumah. bahan baku utamanya hanya bawang yang sudah dikupas bersih dengan alat pengupas bawang dan cabai, tapi kamu bisa menambahkan kreasi sesuai dengan kesukaanmu. selamat berkreasi dirumah dan selamat mencoba resep ini.