Resep Mudah Cara Membuat Manisan Kedondong Kering

Kali ini kami akan membagikan cara membuat manisan kedondong kering, jadi sebelum kita masuk ke cara membuat manisan kedondong, mari simak sedikit penjelasan saya tentang apa itu manisan kedondong.

Manisan kedondong yaitu, buah kedondong direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu, bisa 1 (satu) sampai 2 (dua) malam.

Manisan sendiri tidak harus menggunakan buah kedondong saja tetapi bisa menggunakan buah lain, seperti mangga, jambu biji dan lain-lain dan biasanya manisan sendiri digunakan untuk pelengkap lauk pauk atau jajanan dan jajanan.

Selain membuat buah lebih enak, ternyata cara membuat manisan adalah salah satu cara mengawetkan makanan yang sudah diterapkan sejak lama. Yaitu dengan merendam buah dalam larutan air gula, mengapa bisa dikatakan mengawetkan alasannya, dengan merendam buah dalam larutan gula akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan bertahan lebih lama.

Demikian sedikit penjelasan saya tentang manisan, selanjutnya mari kita ke cara membuat manisan kedondong kering, tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita ke Cara membuat manisan kedondong kering dibawah ini.

Yuk Simak, Cara Membuat Manisan Kedondong Kering

Cara Membuat Manisan Kedondong Kering

Pertama, mari kita siapkan bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram buah kedondong matang dan kupas. Bagi menjadi beberapa irisan
  2. Air kapur sirih sebanyak 2 sendok teh atau sesuai selera
  3. Gula pasir kurang lebih 100 gram
  4. 50ml air
  5. Pewarna makanan (warna apa yang diinginkan) secukupnya

Baca Juga :

Setelah bahan-bahannya sudah kita siapkan, sekarang kita masuk ke cara membuat manisan kedondong kering

  1. Kupas dulu buah kedondong, lalu potong kecil-kecil dan memanjang. Setelah itu cuci kedondong yang sudah dipotong.
  2. Tuang kapur sirih ke dalam wadah berisi air. Rendam kedondong ke dalam air putih.
  3. Angkat dan tiriskan kedondong setelah terendam air kapur selama 1 jam.
  4. Kemudian cuci kedondong yang sudah ditiriskan.
  5. Setelah itu rebus 100ml air beserta gula dan garam, lalu tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air mendidih tersebut hingga mendidih.
  6. Jika air sudah mendidih lalu masukkan kedondong ke dalam air rebusan sampai empuk dan kenyal.
  7. Jika potongan kedondong terlihat kenyal lalu angkat dan tiriskan, lalu jemur potongan kedondong di bawah terik matahari sampai kering, sebelum proses penjemuran anda juga bisa menambahkan gula pasir dengan cara ditaburkan pada potongan kedondong, terserah anda apakah gulanya dihaluskan atau tidak.
  8. Selanjutnya kedondong kering tersebut kemudian disimpan dalam toples dan ditutup rapat, diamkan selama kurang lebih 1 (satu) hari untuk proses fermentasi.
  9. Setelah proses fermentasi selesai, manisan kedondong telah dibuat dan dapat dinikmati.
BACA JUGA  Lakukan Ini Untuk Memperbaiki Mesin Fotocopy yang Error!

Manfaat Kedondong untuk Kesehatan

Dalam satu porsi buah kedondong (kurang lebih 100 gram), mengandung 48 kalori, 1 gram protein, dan 12 gram karbohidrat.

Buah kedondong juga mengandung 233 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan 22 gram fosfor. Tak ketinggalan, daging kedondong mengandung serat pangan dan vitamin B kompleks seperti thiamin dan riboflavin.

Berikut manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Saat ditanya tentang manfaat kedondong, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Buah ini mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.”

2. Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Jika Anda menggigit daging buah kedondong, Anda akan merasakan seratnya di dalam mulut. Nah, menurut dr. Devia, kandungan serat buah kedondong dapat membantu memperlancar buang air besar dan memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah kedondong mengandung vitamin A yang melimpah. Dokter Devia mengatakan adanya vitamin A membuat kedondong menjadi buah yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
Bahkan, dilansir NetMeds, mengonsumsi buah kedondong secara rutin dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan masalah penglihatan lainnya.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kedondong merupakan buah yang mengandung antioksidan. Kandungan antioksidannya, menurut dr. Atika, memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Masih berbicara tentang vitamin C dalam buah kedondong. Dokter Atika menjelaskan bahwa vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Jika produksi kolagen dalam tubuh baik, kulit Anda akan terlihat kencang dan sehat.

BACA JUGA  Cara Membuat Odading Sunda

6. Mencegah Penuaan Dini

Dokter Atika mengatakan, “Kandungan antioksidan dalam buah kedondong juga dapat membantu mencegah penuaan dini”

Penuaan dini dapat menyebabkan wajah terlihat tua sebelum waktunya. Tanda-tanda penuaan dini pada wajah bisa berupa garis-garis halus kerutan dan muncul flek hitam pada kulit.

7. Kendalikan Kolesterol

Vitamin C dalam buah kedondong memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Vitamin C membantu metabolisme kolesterol dalam tubuh menjadi asam empedu. Dengan begitu, kolesterol dalam darah bisa stabil, Anda bisa terhindar dari risiko kesehatan yang lebih serius.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kedondong memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang rendah, namun tinggi serat. Buah ini cocok untuk anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Mengkonsumsi serat juga membuat perut kenyang lebih lama.

9. Mencegah Anemia

Buah kedondong mengandung zat besi dan vitamin B1 (tiamin). Keduanya merupakan mikronutrien penting untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah.

Ketika terjadi kekurangan zat besi dan vitamin B1, sel darah merah yang diproduksi tubuh akan sedikit jumlahnya. Akibatnya, Anda bisa terkena anemia.

10. Membantu Meredakan Batuk

Buah kedondong dipercaya dapat membantu meredakan batuk. Caranya, parut dua sampai tiga kedondong. lalu peras airnya. Tambahkan sedikit garam ke jus kedondong dan minum.

Nah itulah beberapa cara membuat manisan kedondong, mudah sekali cara membuat manisan kedondong, cara ini juga bisa dipraktekkan untuk jenis buah lain yang anda sukai.

Dan sampai disini dulu untuk pertemuan kita tentang Cara Membuat Manisan Kedondong Kering, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi.