Cara Membuat Kue Pia

Cara Membuat Kue Pia – Kata Bakpia atau Pia adalah kata yang berasal dari dialek Hokkien, yang berasal dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, dalam hal ini berarti roti / kue yang berisi daging. Bakpia awalnya berasal dari daratan Cina.

Di beberapa daerah di Indonesia, makanan sah ini dikenal sebagai Pia atau Kue Pia. Bakpia (Pia Cake) adalah kue bundar pipih yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dibungkus tepung, lalu dipanggang.

Salah satu Bakpia terkenal di Indonesia berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta, sehingga dikenal sebagai Bakpia Pathuk. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, Pia Cake adalah salah satu makanan favorit tentunya karena rasanya yang enak dan khas dari Kue Pia.

  1. Cara membuat Kue Pie Kacang Hijau

Pia adalah salah satu kue kacang hijau yang memiliki rasa lezat dan khas. Tentunya sangat cocok untuk dijadikan camilan favorit. Bagi Anda yang ingin mencoba kelezatan pia kacang hijau ini, pertimbangkan cara-cara berikut untuk membuat Kue Kacang Hijau:

Bahan kue Pia 1:

  • 175 ml minyak goreng
  • 300 gr tepung terigu
  • Garam secukupnya

Bahan kulit kue II Pia:

  • 150 ml minyak goreng
  • 100 ml air
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • 50 gr gula

Bahan isian:

  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 250 gr gula
  • 250 gram kacang hijau kupas

Cara Membuat Pai Kacang Hijau:

  1. membuat pia cake filling: Blender kacang hijau dan masak dengan minyak goreng. Tambahkan gula dan garam, aduk rata.
  2. membuat kulit 1: Campurkan garam, minyak, dan tepung terigu menjadi satu. Biarkan adonan selama sekitar 30 menit.
  3. membuat kulit kue pia: Campurkan minyak goreng, air, tepung, gula pasir dan garam menjadi satu. Diamkan selama sekitar 30 menit
  4. Buat pia kacang hijau:
  5. Langkah pertama adalah memperluas campuran kulit pertama. Kemudian letakkan campuran kulit di atas kemudian lipat campuran. Ratakan adonan yang telah Anda buat dengan menggulungnya dengan menggulung, lakukan sampai muncul berlapis-lapis. Potong dan timbang adonan dengan berat masing-masing 30 gram.
  6. Terus lapisi adonan, lalu isi dengan bumbu kacang hijau. Lipat campuran kulit dan rapikan. Nyalakan pemotong cincin melingkar dan rapikan sambil menekan – tekan dan kemudian lepaskan cetakan.
  7. Masukkan campuran pia ke dalam loyang aluminium. Olesi permukaan pia menggunakan kuning telur sampai tersebar merata. Kemudian panggang pia pada suhu 200 ° C selama sekitar 30 menit dengan oven gas atau tunggu sampai pia matang.
  8. Jika sudah matang, maka Anda bisa mengeluarkan pia dari oven dan bisa disajikan atau dikemas dengan rapi menggunakan hand sealer jika dijual.

dari beberapa resep Kue Pia dengan isinya ini, cara membuatnya memang cukup sulit, tetapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dicoba berkali-kali maka kue pia yang lezat dapat dibuat. Dari pada harus membuang uang untuk membelinya di took oleh oleh yang pasti lebih mahal dari harga biasanya, kenapa tidak mencoba untuk membuat sendiri dirumah? Selain lebih higienis karena kita sendiri yang menyiapkan dan tahu bahan apa saja yang digunakan, urusan rasa tetap sesuai selera yang kita inginkan. Selamat mencoba resep ini di rumah.