Wajib Tahu! Cara mengobati bopeng di rumah

Meskipun tidak ada jaminan perawatan di rumah akan membuat bopeng hilang, banyak orang lebih memilih perawatan di rumah.

Baca juga jamu penghilang jerawat untuk informasi lebih lanjut.

Perawatan di rumah ini sering dapat ditemukan di toko kesehatan atau dalam obat bebas (OTC).

Minyak pelembab

Beberapa minyak alami juga dapat mengurangi tanda-tanda jaringan parut, termasuk bekas luka. Minyak ini sering mengandung antioksidan alami atau senyawa lain yang dapat membantu mengurangi jaringan parut atau membantu menyembuhkan luka.

Minyak dapat digunakan, sebagai pelembab, setelah membersihkan kulit yang sakit. Beberapa minyak dapat memperburuk jerawat bagi sebagian orang, jadi yang terbaik adalah mengujinya pada kulit.

Perawatan OTC

Krim OTC seringkali merupakan metode pengobatan pertama yang orang coba untuk mengurangi bopeng mereka. Krim ini terutama bekerja dengan melembabkan kulit dan mengurangi gejala, seperti gatal atau kemerahan.

Beberapa kulit dan masker berkekuatan rendah juga dapat merangsang pertumbuhan kulit baru dan membantu mengurangi tanda-tanda jaringan parut. Mereka sering membutuhkan penggunaan terus menerus untuk waktu yang lama untuk menghasilkan hasil.

Penggunaan terus-menerus bahan kimia ini juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, sehingga seseorang harus berkonsultasi dengan profesional medis sebelum menggunakannya.

Pijat wajah

Meskipun ini bukan obat langsung untuk bekas luka, mendapatkan pijat wajah dapat membantu mendukung metode perawatan lainnya.

Baik melalui stimulasi manual atau dengan bantuan tongkat pijat, pijat wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit dan menghilangkan racun, yang dapat membuat perawatan lain lebih efektif.

Minyak esensial lavender

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke minyak lain pada daftar di atas dapat membantu menyembuhkan luka lebih baik. Penelitian telah mencatat bahwa minyak atsiri lavender diketahui memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, dan bahkan dapat membantu mengurangi jaringan parut pada beberapa orang.

Penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia untuk melihat apakah minyak lavender dapat mengurangi jaringan parut, tetapi masih dapat membantu mengurangi peradangan dan bakteri pada kulit.

Rangkuman

Meskipun masih belum ada perawatan standar untuk pockmarks yang terbukti bekerja dalam semua kasus, ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk orang yang ingin mereka menghilangkannya.

Bekerja secara langsung dengan dokter kulit atau spesialis perawatan kulit untuk menemukan prosedur atau perawatan yang tepat untuk kasus individu adalah cara terbaik untuk mendekati bopeng yang bermasalah.