Fakta bopeng wajah yang harus kamu tahu!

Bopeng adalah bekas luka yang dalam pada kulit yang biasanya tidak hilang dengan sendirinya. Mereka sering disebabkan oleh jerawat yang parah tetapi juga bisa disebabkan oleh infeksi kulit atau cacar air.

Ada sejumlah perawatan dan perawatan rumah yang dapat membantu mengurangi penampilan bekas luka dan meningkatkan tampilan dan nuansa kulit.

Apa itu bopeng?

Pockmarks, yang juga disebut bekas jerawat, adalah cacat dengan bentuk cekung yang dapat terlihat seperti lubang atau lekukan di kulit. Mereka terjadi ketika lapisan kulit yang lebih dalam menjadi rusak.

Saat lapisan yang lebih dalam ini sembuh, kolagen ekstra diproduksi. Kolagen ekstra ini dapat meninggalkan jaringan parut yang tidak cocok dengan bagian kulit lainnya.

Bopeng cenderung menonjol dari sisa kulit dan terlihat. Bahkan beberapa dari mereka mungkin memberikan tampilan kulit yang tidak rata, yang dapat membuat beberapa orang sadar.

Penyebab

Gangguan atau penyakit yang menyebabkan noda pada kulit semuanya berpotensi menyebabkan bekas luka bopeng.

Jerawat adalah Salah satu penyebab bopeng. Kulit dapat menghasilkan sebum ekstra selama waktu ini, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan jerawat. Jerawat dan jerawat yang muncul dapat menyebabkan bekas luka bopeng di kemudian hari.

Kasus-kasus jerawat yang parah juga dapat menyebabkan bintik-bintik, bahkan jika seseorang membiarkan jerawat itu sembuh dengan sendirinya.

  • Penyakit menular

Penyakit menular, termasuk cacar, dulunya menjadi penyebab umum bopeng. Meskipun cacar sebagian besar telah hilang, masalah serupa, seperti cacar air, juga dapat menyebabkan bekas luka yang khas.

Cacar air menyebabkan lepuh gatal kecil yang muncul di seluruh tubuh. Menggaruk keropeng sebelum sembuh sepenuhnya dapat meninggalkan bekas luka.

  • Infeksi lainnya

Infeksi lain, seperti yang berasal dari bakteri staphylococcus atau streptococcus, dapat menyebabkan luka yang dapat meninggalkan bekas bercak.

Infeksi ini dapat terjadi pada folikel rambut, di mana ia dapat membuat bisul. Potongan baru-baru ini juga dapat terinfeksi.

Pengobatan

Ada beberapa perawatan untuk bopeng, masing-masing dengan hasil yang bervariasi. Jenis kulit tertentu mungkin kurang dapat mentoleransi beberapa perawatan, jadi seseorang harus mendiskusikan pilihan mereka dengan dokter.

  • Pengelupasan kimiawi

Banyak orang dengan bintik-bintik memilih menjalani pengelupasan kimia untuk mengurangi jaringan parut. Selama pengelupasan kimiawi, lapisan asam dioleskan ke wajah. Enzim juga dapat digunakan untuk menghasilkan hasil yang serupa.

  • Dermabrasi

Sesi dermabrasi mencapai hasil yang sama seperti kulit kimia tanpa menggunakan bahan kimia. Sikat kawat kecil yang berputar dilewatkan di atas kulit yang sakit untuk mengikis lapisan atas.

Dermabrasi atau gesekan ini dilakukan baik di bawah anestesi lokal atau umum, tergantung pada ukuran area yang membutuhkan perawatan. Kulit kemudian dibiarkan sembuh.

Dermabrasi dapat membantu menciptakan tampilan yang lebih merata pada kulit dan mengurangi tanda-tanda bopeng.

  • Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi sekali lagi bertujuan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar.

  • Pengisi dermal

Dokter juga dapat merekomendasikan pengisi wajah untuk mengobati bintik. Ini adalah suntikan produk yang mengangkat bintik pada tingkat sisa kulit di wajah.

  • Laser pecahan

Terapi laser fraksional bertujuan untuk merangsang regenerasi pada bekas luka itu sendiri. Sinar laser diarahkan ke jaringan parut bekas luka.

  • Pelapisan ulang laser ablatif

Pelapisan ulang laser ablatif adalah bentuk perawatan laser invasif yang menghilangkan lapisan kulit dengan menggunakan laser. Prosedur ini biasanya memerlukan beberapa minggu perawatan medis dan pemulihan, tetapi hasilnya dapat berlangsung selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan.

  • Microneedling

Terapi induksi kolagen atau microneedling adalah perawatan yang melibatkan menusuk kulit, tempat bopeng, menggunakan jarum kecil. Saat tusukan ini sembuh, kulit memproduksi lebih banyak kolagen untuk mengisi tanda bengkak.

Perawatan berulang mungkin diperlukan setiap beberapa minggu, dan hasil yang signifikan umumnya terlihat dalam satu tahun.

Baca juga jamu penghilang jerawat untuk informasi lebih lanjut.