Cara Meningkatkan Disiplin Diri dari Remaja

Anak-anak antara usia 6 dan 9 bisa sangat menyenangkan. Tapi, mereka juga bisa menjadi tantangan. Keterampilan mereka yang canggih akan mengharuskan Anda untuk memiliki beberapa strategi yang lebih canggih untuk mendisiplinkan mereka.

Untungnya, strategi yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah perilaku sekarang dapat mengajarkan anak Anda pelajaran kehidupan yang berharga.

Perilaku Anak Usia Sekolah yang Khas

Tidak lagi “anak kecil” dan belum bisa mengikuti “anak besar”, perilaku anak usia sekolah Anda mungkin mencerminkan periode perkembangan transisi.

Pada umumnya, anak-anak usia sekolah mampu menunjukkan konsentrasi yang berkepanjangan dan akan memiliki kesabaran yang lebih besar ketika menghadapi rintangan dan kemunduran. Rentang perhatian mereka akan lebih lama serta kemampuan mereka untuk fokus pada berbagai kegiatan

Mereka juga memiliki keterampilan kognitif dan fisik yang lebih baik dan mampu melakukan tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Ini diterjemahkan menjadi lebih sedikit frustrasi dan kontrol diri yang lebih baik ketika mereka belajar menyulap sekolah, kehidupan sosial, dan kehidupan rumah dengan lebih mudah.

Dengan demikian, periode perkembangan anak ini adalah masa di mana anak-anak cenderung menguji batasan. Anak usia sekolah Anda cenderung merengek dan mungkin masih menunjukkan kehancuran sesekali meskipun kemarahan yang penuh akan lebih jarang terjadi.

Masalah perilaku seperti berbicara kembali dapat mengambil makna yang sama sekali baru karena anak-anak menjadi lebih pandai berbicara dan mampu mengekspresikan pikiran mereka.

Banyak anak usia sekolah mendambakan cukup banyak kebebasan dan juga berharap asuransi umum dari orangtua mereka. Tapi, Anda mungkin menemukan bahwa meskipun mengetahui keterampilan yang Anda ajarkan, anak Anda mungkin lupa untuk menggunakannya kadang-kadang.

Entah ia terbuai dalam menggoda anak lain atau berulang kali lupa memberi makan kucing, ada kemungkinan besar keterampilan sosial, emosional, dan perilaku mereka akan membutuhkan penyempurnaan.

Tantangan Umum

Seiring dengan tonggak luar biasa yang akan ditemui anak usia sekolah Anda, ada juga masalah perilaku umum yang kurang menyenangkan untuk kelompok usia ini.

Sementara masalah disiplin anak, seperti pembangkangan dan pembicaraan kembali, mungkin telah muncul pada usia dini pada anak, perilaku ini mengambil aspek yang sepenuhnya lebih menantang ketika anak-anak menjadi lebih tua, lebih verbal, dan lebih mandiri.

Perilaku menantang sering terjadi pada anak-anak usia sekolah. Jadi jangan heran jika anak Anda menguji respons Anda dengan menolak untuk melakukan hampir semua yang Anda minta. Biasanya, pembangkangan adalah fase yang datang dan pergi sedikit selama masa kanak-kanak.

Anak-anak usia sekolah cenderung berbohong kadang-kadang juga. 1 Apakah mereka mencoba menampilkan diri mereka dalam cahaya yang menguntungkan dengan menyombongkan sesuatu yang tidak benar-benar terjadi, atau mereka berbohong dalam upaya untuk menghindari masalah, berbohong bisa menjadi kebiasaan buruk jika dibiarkan tanpa penanganan.

Seperti halnya anak-anak Anda mungkin saling mencintai, persaingan saudara kandung dan berkelahi adalah bagian yang sangat umum dari banyak hubungan saudara. Apakah anak Anda tetap agresif dengan saudara-saudaranya atau dia terus-menerus mengadu pada mereka, persaingan saudara kandung pasti akan terjadi.1

Mengganggu bisa menjadi perilaku frustasi lainnya. Apakah anak Anda membutuhkan waktu 10 menit untuk mengenakan sepatunya atau ia pemakan yang paling lambat di dunia, berlama-lama bisa membuat frustrasi.

Merengek juga bisa membuat frustrasi. Itu salah satu suara paling tidak menyenangkan yang diketahui manusia. Dan banyak anak usia sekolah telah menyempurnakan seni.