Mengenal Beberapa Contoh Alat Bantu Pernafasan Dan Penjelasannya

Salah satu sistem penunjang kehidupan manusia adalah sistem pernafasan. Sebagaimana kita ketahui, pernafasan berfungsi untuk mensuplay oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Apabila oksigen tidak mengalir, maka sel – sel dalam tubuh kita akan rusak dan bisa mengakibatkan hal yang fatal. Oleh sebab itu, ketika seseorang mengalami gangguan pernafasan salah satu penanganannya adalah dengan memberikan alat bantu pernafasan.

Ada banyak macam dan jenis alat bantu pernafasan yang digunakan di rumah sakit atau klinik. Semua itu berfungsi sebagai penunjang sistem pernafasan manusia yang sedang tidak berfungsi karena mengalami gangguan. Baik gangguan yang ringan hingga gangguan yang berat. Berikut ini beberapa contoh alat medis yang berfungsi sebagai penunjang sistem pernafasan manusia.

Beberapa Contoh Alat Bantu Pernafasan

# Alat Oksigenasi

Alat Oksigenasi adalah seperangkat alat medis yang digunakan untuk memberikan asupan oksigen pada pasien yang mengalami gangguan nafas dan membutuhkan oksigen tambahan untuk membantu sistem pernafasannya tetap stabil. Contoh alat bantu pernafasan antara lain :

  • Tabung oksigen – Berfungsi sebagai suplay oksigen. Tabung berisi oksigen yang siap pakai untuk disalurkan ke pasien
  • Regulator oksigen – Berfungsi untuk mengatur laju aliran oksigen dari tabung gas, ke saluran pernafasan (hidung dan mulut)
  • Masker / Selang Oksigen – Masker oksigen umumnya langsung dilengkapi dengan selang. Ini berfungsi untuk menghubungkan antara regulator oksigen dan saluran pernafasan

# Ventilator

Ventilator merupakan alat sangat tenar ketika wabah pandemi Covid 19 mulai merebak ke seluruh penjuru dunia. Ventilator berfungsi untuk penanganan gangguan pernafasan berat. Peran alat ini adalah menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru. Ventilator umumnya digunakan di ruang ICU sebagai alat emergency gawat darurat kondisi gagal nafas atau gangguan pernafasan berat.

# CPAP

CPAP merupakan singkatan dari bahasa asing yang artinya Continuous Positive Airway Pressure. Yakni sebuah alat medis yang digunakan untuk membantu gangguan sindrom sleep apnea. Gangguan pernafasan yang terjadi pada kondisi tertidur. Hal ini umumnya dikarenakan adanya kelainan pada otot dinding belakang saluran tenggorokan yang menutup saluran nafas saat terjadi relaksasi (dikala tertidur). Namun demikian, alat ini juga banyak digunakan untuk penanganan gangguan nafas pada bayi. Umumnya disebut dengan CPAP bayi.

Itulah sedikit contoh alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat bantu pernafasan. Tentunya tidak hanya tiga macam alat yang sudah kita ulas diatas. Masih banyak alat lainnya yang digunakan sebagai penunjang sistem pernafasan manusia seperti Oksigen Portable, Nebulizer, dan alat lainnya.