4 Tips Mencegah Jerawat Batu Dan Pasir Di Wajah Bagi Pria dan Wanita

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan. Jenisnya juga beragam dari mulai jerawat batu hingga jerawat pasir. Jerawat biasanya banyak terjadi pada saat remaja. Hal itu dikarenakan pada saat remaja, tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon. Namun jerawat juga dapat menyerang pada orang dewasa.

Jika jerawat sudah menghampiri wajah, maka perawatan yang diperlukan untuk menghilangkannya akan sangat merepotkan dan dalam beberapa kasus memakan biaya cukup mahal. Melakukan tindakan pencegahan, menjadi sebuah solusi terbaik. Banyak orang yang menggantungkan tanggung jawab pencegahan jerawat dari produk-produk yang berbahan kimia. Beberapa orang bahkan rutin mengunjungi pusat kecantikan wajah untuk melakukan perawatan dan konsultasi. Namun pencegahan munculnya jerawat sebenarnya dapat dilakukan secara alami dan mudah.

Berikut ini adalah 4 tips mencegah jerawat datang menghampiri wajah Anda:

  1. Rutin Bersihkan wajah

Terlepas apakah di wajah kita terdapat jerawat atau tidak, membersihkan wajah sangatlah penting. Bersihkan wajah dua kali sehari untuk menghilangkan sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran dari permukaan wajah. Gunakanlah sabun khusus wajah yang sudah dikenal aman untuk kesehatan kulit. Jangan terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun, karena justru akan membuat kulit wajah menjadi rusak. Untuk membersihkan wajah sebaiknya menggunkaan air hangat (bukan air panas).

BACA JUGA  Cara Minum Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Gunakan handuk yang lembut dan bersih untuk menyeka dan mengeringkan wajah setelah dibersihkan. Jangan gunakan handuk badan untuk mencuci wajah, karena bakteri dan kotoran dapat menyebar dengan cepat di wajah. Sediakan handuk khusus untuk mencuci wajah, dan ganti serta cucilah handuk tersebut secara teratur untuk menghindari penyebaran kotoran.

  1. Jangan Terlalu Sering Gunakan Makeup

Ketika tidak diperlukan, misalnya saat berada di dalam rumah, sebisa mungkin hindari penggunaan makeup. Jika terpaksa gunakan makeup, maka jangan sampai lupa untuk membersihkannya setelah berkegiatan. Pilihlah produk makeup yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk makeup mempunyai label noncomedogenic yang berarti tidak akan menyebabkan jerawat. Bacalah label makeup dengan seksama sebeum memutuskan untuk membelinya.

  1. Jangan Gunakan bahan Berminyak pada rambut

Dilansir dari situs kangen water, Penggunaan produk-produk seperti pewangi, minyak, pomade atau gel di rambut, dapat menyebabkan wajah berjerawat, khususnya pada orang yang mempunyai rambut panjang. Hal ini terjadi karena seringnya rambut menyentuh wajah. Bahan-bahan tersebut dapat menyumbat pori wajah dan iritasi kulit wajah.

BACA JUGA  Bahan Alami Ini Ampuh Usir Ketombe dan Bakteri di Kulit Kepalamu

Berhati-hati pula dalam penggunaan sampo dan conditioner. Pilihlah sampo dan conditioner yang dapat menghilangkan minyak pada rambut. Rambut yang berminyak dapat menambah kadar minyak pada wajah ketika rambut menyentuh kulit wajah. Mengikat rambut berminyak sehingga tidak mengenai wajah juga menjadi solusi praktis yang bisa dilakukan.

  1. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Sebisa mungkin jauhkan tangan dari wajah. Terlebih bila kita mengetahui bahwa tangan kita dalam kondisi yang kotor. Tangan kotor dapat menyebarkan bakteri, dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Jangan sekali-kali tergoda mengelupas kulit bekas jerawat atau luka dengan kuku jari yang kotor karena akan membuat infeksi kulit wajah dan dapat menyebabkan flek hitam.

 

Diambil dari situs kesehatan www.kangenairkesehatan.com