Kerajinan dari Serat Buah Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui

Serat buah kelapa atau biasa disebut sebagai sabut kelapa tak hanya dapat digunakan sebagai kayu bakar. Siapa sangka kulit buah kelapa ini bisa disulakp menjadi beberapa produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Apa saja? yuk simak beberapa kerajinan dari serat buah kelapa berikut ini:

Kerajinan Serat Buah kelapa

1. Jok Mobil Serat Buah kelapa

Industri otomotif terkemuka di dunia, seperti Mercedes Benz, Opel, Volkswagen Porche ternyata menggunakan serat buah kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan saat ini serat buah kelapa digunakan untuk jok pesawat terbang.

2. Tali Tambang

Tali tambang dari sabut kelapa ini bisa digunakan sebagaiĀ  bahan dasar untuk pembuatan kerajinan lainnya. Misalkan seperti tali serat untuk kerajinan, tali serat untuk tali dadung untuk tali kapal, tali serat untuk cocomesh dan lain-lain.

3. Matras Serat Buah kelapa

Matras yang terbuat dari serat buah kelapa ini juga memiliki manfaat sebagai matras kesehatan dan baik digunakan oleh orang-orang yang memiliki keluhan penyakit pinggang. Sifatnya yang lentur membuatnya aman dan nyaman untuk perawatan sakit pinggang.

Matras ini juga cocok digunakan sebagai matras bayi. Pasalnya matras dari sabut kelapa dapat menyerap bau sehingga tetap nyaman walau sering diompoli berkali-kali.

4. Kasur Serat Buah kelapa

Kasur yang terbuat sabut kelapa ini adalah perpaduan dari juga bahan lateks karet dan bahan serat buah kelapa, yang menghasilkan produk kasur bekualitas tinggi. Produk kasur dari serat kelapa ini tidak perlu ditambahkan per, karena sudah cukup lentur dan empuk secara alami. Tak hanya itu, kasur ini juga memiliki sifat anti bakteri, anti air sehingga sangat sehat dan nyaman bagi anak.

BACA JUGA  Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah

5. Cocomesh Jaring Serat Buah kelapa

Produk cocomesh biasanya digunakan untuk menghijaukan areal bekas tambang atau hutan gundul, pencegah erosi, penguatan tanah, serta media tumbuh tanaman. Cocomesh memiliki sifat yang biodegradable dan kuat, dan mampu membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru.

Ikuti workshop produksi cocomesh hanya di Rumah Sabut.

6. Serat Buah kelapa Peredam Getar Dan Suara

Sabut kelapa juga dapat digunakan sebagai peredam getaran dan suara. Kelebihannya adalah lebih sehat dan tidak gatal, tidak seperti rock wool yang selama ini banyak digunakan.

7. Coir Net Untuk Pengerasan Jalan

Coir net atau jaring sabut banyak digunakan untuk teknik paving. Kebutuhan akan produk ini masih sangat besar. Meskipun begitu, jumlah produsennya masih sangat terbatas.

8. Cocosheet Sebagai Rambatan Media Tanam

Cocosheet merupakan sabut kelapa yang telah dibentuk menjadi lembaran dengan cara dijahit atau digulung, baru kemudian dilapisi dengan bahan lateks. Siapa sangka, produk iniĀ  banyak diminati sebagai media tanam.

BACA JUGA  Balon Dekorasi Ulang Tahun

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media perbanyakan tanaman. Sangat cocok untuk pohon anggrek dan pohon sejenis. Cocosheet juga banyak digunakan sebagai aplikasi pertanian, dan salah satunya berupa tiang sabut.

9. Cocopot Serat Buah kelapa

Cocopot ini sangat bagus digunakan sebagai pengganti polybag. Para penghobi tanaman yang sadar akan masalah lingkungan, tentunya akan memilih pot berbahan dasar fiber ini karena praktis dan ramah lingkungan.

10. Keset Serat Buah kelapa

Beragamnya produk keset diberi tulusan sesuai kebutuhan, seperti welcome, selamat datang, bonjour, bula dan sapaan lain tentu bisa menambah citra positif jika dipasang di depan rumah ataupun di kantor.

11. Sapu Serat Buah kelapa

Menggunakan sapu dari sabut kelapa ini lebih mudah untuk membersihkan debu, dan kotoran. Di samping itu, sapu ini juga awet, tahan lama, dan juga ramah di kantong.

12. Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cocopeat banyak digunakan sebagai media tanam untuk pembibitan, media campuran kompos, serta pengganti serat kayu dan sebagainya.

Demikian tadi beberapa jenis kerajinan dari serat buah kelapa yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda.