Sistem Absensi Online di Masa Depan

Sejak pandemi Covid-19 terjadi, orang-orang terpaksa harus beradaptasi dengan banyak hal di berbagai bidang. Mulai dari penggunaan protokol kesehatan yang harus didisiplinkan hingga tren work from home. Untuk menjawab tantangan tersebut, sistem absensi online dapat dimanfaatkan.

Keuntungan Sistem Absensi Online Untuk Teknologi HR

Di masa depan, sistem absensi online tampaknya bakal menjadi sistem baru yang dibutuhkan perusahaan. Saat ini penggunanya memang belum begitu banyak, namun ke depan bisa jadi perusahaan akan berlomba-lomba mencari sistem yang tepat demi meningkatkan efisiensi.

  1. Pencatatan atau Perhitungan Menjadi Lebih Cepat dan Tepat

Kehadiran karyawan adalah indikator penting yang diperlukan untuk menghitung gaji karyawan dengan tepat. Gaji biasanya dihitung berdasarkan jumlah kehadiran dan jam kerja karyawan tersebut. Absensi konvensional mungkin akan sedikit terkendala karena butuh waktu untuk memindahkan data.

Sistem absensi seperti appsensi adalah jawaban untuk menjawab permasalahan ketidakuratan catatan kehadiran karyawan. Selain meminimalisir human eror, sistem ini juga akan membantu perusahaan untuk menghitung gaji, lembur, hingga denda karena sudah terintegrasi.

  1. Memudahkan Sistem Pengawasan

Dengan adanya fitur geo-tagging pada sistem absensi online, perusahaan akan lebih mudah mengontrol dan mengawasi karyawannya. Mereka bisa tau apakah karyawannya benar-benar bekerja saat jam kerja berlangsung atau malah pergi entah kemana.

Sistem yang terintegrasi dengan baik ini akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawannya. Meskipun tidak bekerja di kantor dan work from home, bukan berarti karyawan bisa bersantai-santai saja karena merasa tidak diawasi atasan seperti ketika di kantor.

  1. Dapat Bekerja Secara Real Time

Kemudahan akses sistem absensi online yang bisa dibuka kapanpun dan dimanapun akan memungkinkan pengguna untuk tetap dapat bekerja meskipun sedang tidak di kantor. Waktu pun bisa lebih dihemat karena tidak perlu mengantri lagi untuk melakukan absensi secara konvensional.

Sistem absensi online ini akan memungkinkan karyawan untuk tetap bekerja secara real-time meskipun posisinya sedang tidak di kantor. Perusahaan pun dapat lebih mudah melakukan pengawasan dan budget pengeluaran untuk operasional bisa dikurangi.

Penggunaan sistem absensi online memang belum dilakukan di semua perusahaan karena butuh waktu untuk melakukan perubahan demi bisa beradaptasi dengan teknologi. Namun, di masa depan bukan tidak mungkin semua perusahaan akan menggunakan sistem ini.