Cara Menambahkan Tempat yang Belum Ada di Google Maps

Saat ini untuk pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya tidaklah menjadi problem yang berarti. Karena kini banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan sebagai penunjuk arah atau peta jalan untuk memandu dengan benar ke lokasi yang dituju. Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Google Maps. Selain banyak digunakan untuk menunjukkan jalan atau lokasi, Google Maps juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menemukan tempat tertentu, seperti kafe, restoran, hotel, rumah sakit, masjid, pom bensin, dan berbagai tempat penting lainnya dengan mudah dan cepat.

 

Terkadang saat kita ingin menuju ke suatu tempat tertentu, lokasinya ternyata belum ada di Google Maps. Padahal kita sangat mengandalkan peta online Google ini sebagai pemandu jalan kemanapun mengingat kemudahan yang ditawarkan. Sehingga karena belum dimasukkan ke dalam lokasi di Google Maps, akan sangat susah bagi siapapun untuk menemukannya.

 

Namun jangan khawatir terlebih dahulu, agar usaha, kantor, atau bahkan rumah Anda bisa muncul di Google Maps, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Karena Google Maps memang memperbolehkan pengguna untuk menambahkan marker atau penanda lokasi secara manual. Untuk cara menambahkan tempat yang belum ada di Google Maps, yaitu:

 

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps.
  2. Klik tombol “Menu” dengan ikon tiga garis vertikal, yang letaknya ada di sudut kiri atas layar.
  3. Pilih opsi “Your Places”.
  4. Kemudian klik Maps Tab.
  5. Jika sudah, bisa klik “Create Map Button”.
  6. Akan muncul halaman pembuatan peta. Anda bisa mengklik ikon marker atau penanda lokasi.
  7. Temukan tempat atau lokasi di peta yang ingin ditambahkan penanda. Jika sudah, lalu klik.
  8. Setelah menambahkan penanda lokasi, maka akan muncul sebuah kotak yang bisa diisi untuk menerangkan deskripsi nama, berikut dengan atribut lainnya ke marker.
  9. Jika Anda ingin menambahkan penanda lokasi di tempat yang lainnya lagi, maka bisa lakukan langkah dari poin 6-8 sesuai dengan yang dibutuhkan.
  10. Jika sudah, pada gambar akan terdapat tiga panah. Ikuti panah pertama untuk memberi nama peta, panah kedua digunakan untuk memberi nama layer, serta panah ketiga jika ingin membagikan peta kepada orang lain.

 

Itu tadi cara menambahkan tempat yang belum ada di Google Maps. Semoga bermanfaat!.