Proses Produksi Tiang Lampu

Dalam tahap produksi tiang lampu langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses produksi. Sebab tiang lampu yang baik kualitasnya harus dihasilkan dari bahan material yang kuat dan tahan panas serta air saat musim penghujan.

Seperti yang kita tahu bahwa tiang lampu jalan kerap kali ditempatkan di luar ruangan, yang artinya sangat mungkin terpengaruh dengan peralihan musim. Dengan pemakaian material yang cocok, yang pasti tiang lampu dapat bertahan jauh lebih lama dari produk lainnya.

Dalam proses produksi tiang lampu, ada langkap-langkah krusial yang perlu dijalankan. Pada tiap langkah proses pembuatan menentukan mutu tiang lampu. Untuk tiap-tiap langkah-langkah pembuatan yang dijalankan juga wajib dilaksanakan dengan cocok untuk menghasilkan tiang lampu yang bermutu.

Di bawah ini merupakan tahapan proses pembuatan tiang lampu yang kerap dilakukan:

Casting (Pengecoran)

Pada permulaan proses produksi tiang lampu tahap yang dilakukan yaitu proses pengecoran. Keseluruhan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan tiang lampu mesti disiapkan terlebih dahulu dan kudu dicek dengan teliti.

BACA JUGA  Arti Mimpi Melihat Air Berdasarkan Primbon Jawa

Kemudian semua bahan yang dibutuhkan kemudian dibakar dalam waktu sekitar 1 jam atau hingga meleleh sepenuhnya. Pada proses ini akan menghasilkan cairan logam yang kemudian akan digunakan sebagai bahan baku produksi tiang lampu. Oleh karena itu lah proses ini tergolong langkah yang lumayan penting karena akan sangat berpengaruh pada proses-proses berikutnya.

Proses Cetak

Tahap berikutnya yaitu proses peleburan bahan adalah proses cetak. Pada tahap ini yang harus disiapkan yakni cetakan yang telah dibuat sesuai tema tempat pemasangan atau sesuai dengan request dari customer.

Cetakan yang dipakai sering kali memiliki desain yang berseni dan estetis. Tujuannya agar ketika tiang lampu didirikan nantinya selain dapat menjadi media penyinaran tapi dapat menjadi media untuk memperindah lingkungan sekelilingnya agar lebih menawan.

BACA JUGA  Lowongan Kerja Operator PT Sumi Rubber Indonesia

Pada langkah ini yang perlu dilakukan adalah menuangkan logam cair yang sudah dilebur ke dalam cetakan, dan kemudian dibiarkan dalam waktu sekitar tiga jam atau hingga menjadi tiang yang kuat.

Langkah pencetakan ini membutuhkan kecekatan dan kreatifitas dari tangan pengrajin tiang lampu. Dimana tiang lampu yang akan dihasilkan akan memunculkan produk yang berkualitas sesuai yang diinginkan.

Proses Akhir

Pada proses final ini bahan yang telah dibentuk kemudian dipoles agar lebih halus. dan kemudian
dijalankan pemeriksaan kalau diperoleh hasil yang retak. Yang selanjutnya tiang lampu tersebut akan dicat dengan menggunakan cat khusus. Sehingga tiang lampu yang akan diperoleh akan memiliki mutu yang tinggi dan bisa berguna dengan baik.