FAKTA UNIK

Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga yang Bikin Cuan!

pengolahan limbah rumah tangga

Mungkin masih banyak diantara kita beranggapan bahwa pengolahan limbah rumah tangga harus dilakukan oleh mesin-mesin yang sangat canggih. Namun, ternyata tidak semua limbah rumah tangga yang Anda hasilkan diolah menggunakan mesin. Karena ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara pengolahan limbah rumah tangga tersebut? Mari kita simak bersama!

Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Anda ingin mengelola limbah rumah tangga dengan baik dan tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan? Berikut ini beberapa cara pengolahan limbah rumah tangga yang bisa Anda coba di rumah.

1. Mengolah Sampah Organic Menjadi Pupuk

Hampir setiap harinya sampah organik ini menjadi jenis limbah rumah tangga yang dihasilkan. Limbah jenis ini dihasilkan dari sisa makanan, sayuran, buah dan sejenisnya. Cara pengolahan limbah rumah tangga jenis ini bisa dilakukan secara mandiri dengan cara menyisihkan sampah organic untuk diolah menjadi pupuk kompos. Bagi Anda yang suka berkebun, tentu hal ini akan sangat berguna untuk Anda.

2. Membuat Ecobrick

Cara pengolahan limbah rumah tangga yang masih awam di masyarakat adalah Ecobrick. Eco merupakan lingkungan dan brick merupakan bata. Cara pembuatan ecobrick ini adalah dengan botol plastic diisi dengan sampah plastic, lalu dipadatkan. Botol-botol yang padat ini bisa dipakai sebagai bahan kursi.

3. Menerapkan prinsip Reuse, Reduce, dan Recycle

Hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin melakukan pengolahan limbah rumah tangga secara mandiri. Anda bisa menerapkan prinsip 3R sebagai salah satu cara agar limbah rumah tangga yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Prinsip 3R ini terdiri dari Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle yaitu mendaur ulang. Dengan menerapkan prinsip 3R ini semoga membantu mengurangi berakhirnya sampah plastic yang sulit terurai.

4. Mengurangi Hal yang Menghasilkan Sampah

Limbah rumah tangga lebih banyak dihasilkan dari sampah. Baik itu sampah organic maupun sampah anorganik. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dari limbah sampah yang dihasilkan adalah mulailah untuk mengurangi penghasilan sampah. Salah satu contohnya adalah dengan menghabiskan seluruh makanan dan mengonsumsi air mineral dalam kemasan botol. Anda bisa minum menggunakan botol minuman, selain menghemat biaya, Anda juga bisa mengurangi penghasilan sampah.

5. Membuat Saluran Limbah Cair yang Tepat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan dari limbah cair yang dihasilkan adalah dengan membangun saluran yang tepat dan sesuai kegunaannya. Hal ini bertujuan agar limbah cair rumah tangga tidak menimbulkan dampak negative yang bisa membuat masalah terhadap lingkungan. Saluran yang digunakan untuk kotoran yang dihasilkan oleh manusia seperti tinja dan urine adalah dengan membuat jamban. Setelah itu dibuat septic tank yang dihubungkan dengan saluran pipa.

6. Mengolah Sampah Plastic

Anda bisa menggunakan mesin pencacah plastik untuk mencacah plastik. Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk mencacah atau menghancurkan platik. Mulai dari botol minuman, botol jerigen, botol oli, plastic lembaran, dan limbah-limbah plastic lainnya.

Hasil dari cacahan plastic ini bisa digunakan sebagai bahan daur ulang plastic yang dibutuhkan oleh pabrik daur ulang plastic. Cara ini juga bisa menjadi sebuah ide bisnis untuk Anda. Karena Anda jadi bisa menjualnya ke pabrik daur ulang plastic.

Nah itu tadi 6 cara pengolahan limbah yang bisa Anda coba di rumah, selamat mencoba!

Exit mobile version