Mesin Percetakan Offset: Fungsi dan Kelebihannya

Mesin Percetakan Offset

Pernahkah Anda mendengar istilah mesin cetak offset? Mesin percetakan offset menggunakan master (plat) dengan memindahkan huruf ke blanket dan berkaitan erat dengan cetak buku. Harga yang dipatok untuk mesin ini terbilang mahal dan biasanya hanya diperuntukkan bagi usaha percetakan saja.

Penggunaan mesin jenis ini sangat disarankan untuk mencetak dalam jumlah besar, karena biayanya yang menjadi lebih murah dibandingkan biaya cetak menggunakan mesin digital printing. Untuk mengenal lebih jelasnya mengenai mesin cetak offset, Anda bisa menyimak ulasan yang disajikan berikut ini.

Komponen pada Mesin Percetakan Offset

Sama seperti mesin-mesin pada umumnya, mesin cetak offset juga memiliki beberapa komponen. Kelima komponen utama pada mesin cetak offset ini memiliki fungsi masing-masing yaitu sebagai berikut.

  1. Silinder Plat merupakan sebuah rol yang menjadi salah satu komponen utama pada mesin cetak offset berbentuk silinder dan memiliki fungsi sebagai rumah plat cetak.
  2. Silinder Blanket merupakan sebuah rol pada mesin cetak offset berbentuk silinder dan memiliki fungsi sebagai perantara atau peralihan tinta dari bagian plat cetak menuju ke media yang akan diberi tinta cetak.
  3. Silinder Tinta memiliki fungsi sebagai tempat untuk memasukkan tinta ke dalam mesin cetak.
  4. Silinder Air memiliki fungsi sebagai tempat memasukkan air untuk mengisi area non image (area yang tidak terkena tinta cetak).
  5. Silinder Impression merupakan sebuah rol pada mesin cetak yang berbentuk silinder dan memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan bahan media yang akan diberi tinta.

Nilai Plus Menggunakan Mesin Cetak Offset

1.   Kualitas Cetak Lebih Bagus

Dibandingkan menggunakan printer, kualitas dari hasil cetak warna menggunakan mesin percetakan offset jauh lebih bagus. Hasil cetak menggunakan mesin offset juga lebih tahan lama dan tentunya tidak cepat pudar.

2.   Harga Lebih Ekonomis

Salah satu keunggulan menggunakan mesin cetak offset yaitu dari segi harganya yang jauh lebih murah terutama untuk cetak dalam jumlah besar dibandingkan menggunakan printer.

3.   Mampu Mencetak di Berbagai Kertas

Dibandingkan dengan mesin digital printing, mesin cetak jenis ini juga memungkinkan untuk mencetak di berbagai jenis kertas bahkan pada kertas dengan ketebalan hingga 400 gram. Mesin ini juga mampu mencetak pada kertas yang bermotif seperti kertas recycle, embossed/engrave, ataupun kertas Samson.

Tidak hanya mampu mencetak pada kertas yang tebal, mesin cetak offset juga bisa digunakan untuk mencetak kertas yang tipis seperti kertas nota NCR, HVS, dan Doorslag.

4.   Tinta Variatif

Dengan menggunakan mesin cetak offset, sangat memungkinkan untuk menggunakan tinta yang bervariatif, seperti tinta berwarna emas dan silver. Apabila ingin mencetak dengan gradasi warna abu-abu (grayscale), hasil yang diperoleh juga jauh lebih bagus dan akurat dibandingkan mesin cetak jenis lainnya. Warna dari hasil cetak dengan tinta full blocked juga jauh lebih nyata, tajam, dan merata.

Harga yang dibanderol untuk mesin cetak jenis ini memang terbilang mahal, namun hasilnya juga sangat memuaskan. Saat ini sudah banyak jasa percetakan yang menggunakan mesin cetak offset. Only Print hadir sebagai pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencetak brosur atau buku dalam jumlah banyak dengan harga yang tetap ramah di kantong.