Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat

Halo Semuanya kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat simak berikut ini yaa..

Sampah sudah menjadi masalah yang sangat klasik disekitar kita, masih banyak orang kurang peduli dengan membuang sampah sembarangan atau membiarkannya begitu saja. Ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar kita jika dibiarkan terus menerus.

Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat

Cara-Pengolahan-Sampah-OrganikA

Sampah organik merupakan salah satu sampah yang dapat menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat. Karena sampah organik mudah terurai oleh tanah, berbeda dengan sampah anorganik yang memerlukan penanganan yang berbeda.

Kita sering mendengar kompos, bahan dasar pupuk kandang bisa dari kotoran hewan atau dari sampah organik berupa dedaunan, rumput, limbah pertanian, bahkan limbah sayuran. Pupuk kompos bisa menjadi solusi yang bijak karena tidak mengurangi dampak sampah organik, juga memiliki manfaat lebih dari pupuk kimia.

Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat

1. Pisahkan tempat sampah untuk organik & anorganik

Menyediakan 2 tempat sampah untuk organik & anorganik. Juga memisahkan sampah kering sehingga nantinya dapat didaur ulang tanpa kotoran atau bau.

2. Ganti Alas Plastik Sampah menjadi Koran atau Kardus

Tentu banyak yang bertanya, bagaimana cara mengganti plastik yang biasa dijadikan sebagai alas sampah atau bagaimana cara membuang sampah yang benar? Jika sampah sudah dipilah dengan baik, kita tidak perlu lagi menggunakan tikar plastik. Kita bisa menggunakan koran, kardus, atau bahkan alas kaki, langsung ke tempat sampah.

BACA JUGA  Cara meningkatkan vitalitas pria agar kuat diranjang

Ingin Agar Dalam Mencacah Kompos Lebih Mudah Gunakan Mesin Berikut Ini; Mesin Pencacah Kompos

3. Ubah sampah organik menjadi pupuk kompos

Cara paling ramah lingkungan untuk mengolah sampah rumah tangga berbahan organik adalah dengan membuat kompos untuk berkebun. Jika Anda tidak suka berkebun, Anda tetap bisa berdonasi ke organisasi yang bergerak di bidang perkebunan, nantinya limbah ini akan bermanfaat.

4. Mendaur ulang sampah anorganik kering

Anda dapat membuat D.I.Y. barang-barang seperti botol bekas untuk pot tanaman, kaleng hingga tempat menyimpan bumbu. Selain itu, Anda juga bisa memilah sampah plastik tertutup seperti botol plastik daur ulang dan sampah plastik terbuka jika diremukkan menjadi biji plastik. Kemudian sampah diserahkan ke bank sampah. Ini membantu mempercepat upaya para pemulung.

5. Memberikan sisa minyak jelantah ke instansi pengolahan minyak

Jangan menuangkan minyak ke dalam wadah dapur. Minyak sisa yang dibuang ke wastafel dapat menyumbat saluran udara dan, lebih buruk lagi, saluran udara di seluruh kota. Minyak goreng bekas ini dapat disumbangkan, dibuat prefabrikasi dan dimasukkan ke dalam wadah untuk membuat biodiesel yang lebih bersih. Biodiesel adalah bahan bakar non-toksik dan biodegradable yang dapat menggerakkan mesin mobil sekaligus membantu lingkungan.

BACA JUGA  Bambang Sunarwibowo himbau patuhi prokes saat libur akhir tahun

Ingin Mengenal Lebih Banyak Tentang Mesin Bisa Kunjungi Web Utama Kami Di : Rumah Mesin

6. Mengelola sampah berbahaya

Jangan membuang barang-barang berbahaya dan mengandung bahan kimia seperti baterai atau tinta printer ke tempat sampah biasa. Bahan kimia yang mengandung limbah sangat berbahaya bagi lingkungan. Pisahkan jenis sampah ini dan bawa langsung ke pusat daur ulang sampah agar bisa dibuang dengan benar. Untuk limbah elektronik yang rusak, Anda dapat mengembalikannya ke perusahaan yang mendaur ulangnya menjadi produk elektronik baru.

7. Minimalisir konsumsi plastik atau sampah lainnya

Hal yang paling mudah dilakukan adalah mengurangi produksi sampah sebanyak mungkin. Misalnya, saat pergi ke pasar, bawalah tas belanja sendiri, lalu saat pergi, bawalah peralatan makan atau minum sendiri agar tidak ada plastik yang terbuang. Karena sampah sekecil apapun akan berdampak besar bagi lingkungan kita.

Baca: Berikut Ini Resep Bening Bayam Jagung yang Enak dan Mudah Dicoba

Sekian dulu Penjelasan Dari saya tentang Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat semoga bermanfaat untuk kita semua