Belajar Membuat Laman Berita Sumenep dengan WordPress Yuk!

Membuat Laman Berita Sumenep Dengan Menggunakan WordPress

portal berita

Berbicara mengenai berita, mana yang sering anda pilih untuk update berita? Koran? Televisi? Radio? Atau gadget? Kemajuan teknologi memang memudahkan kita untuk mendapat informasi dari berbagai sumber ya. Kalau dulu kita harus menunggu loper koran untuk update berita, sekarang kita tinggal menyalakan televisi, pilih chanel dan berita dari berbagai belahan dunia tersedia untuk anda. Penggemar audio bukan video? Anda tinggal menyalakan radio, dan penyiar akan meng update berita untuk anda dalam periode waktu tertentu. Mau yang praktis saja? buka gadget, ketikkan kata kunci dan pilih link berita yang anda inginkan. Semudah itu. 

Diantara berbagai media untuk mencari informasi, tidak dipungkiri jika gadget berada di urutan pertama ya? Media ini memang menyediakan banyak pilihan dan lebih praktis. Mau dalam bentuk tulisan? Video? Atau audio? Semua ada.  Nah, bagi anda yang sering menjelajah internet untuk mencari berita tentu tidak asing dengan portal-portal berita nasional kan? Saat ini bahkan berbagai media yang dulunya hanya menyediakan berita dalam bentuk koran atau acara televisi pun punya laman berita online. Tidak hanya skala nasional, saat ini juga bermunculan situs-situs berita skala regional. Berita Yogyakarta, Jawa Tengah, dan daerah-daerah lain pun ada. Situs – situs berita ini selalu menyediakan berita – berita terbaru, contohnya saja seperti berita Sumenep terbaru hari ini. Bagi anda nih, yang tertarik untuk membuka laman berita Sumenep berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda ikuti.

Sebelum beranjak ke cara membuat sebuah halaman berita, sebagai informasi dasar, sebuah laman berita dibagi menjadi dua yaitu laman berita Resmi dan Non Resmi. Bedanya? Laman berita Resmi atau Pro adalah laman yang terverifikasi dan memiliki badan hukum. Sedangkan yang satunya adalah laman berita non verifikasi yang fungsi dan tujuannya hampir sama dengan blog. Kalau anda ingin mendirikan sebuah portal berita resmi maka media anda harus bernaung di bawah PT. Silahkan berkonsultasi dengan pakar hukum untuk lebih jelasnya. Yang akan dibahas disini adalah tentang teknis membuat laman nya saja ya. Terserah anda nantinya apakah laman berita anda akan berbadan hukum atau sekedar sharing berita layaknya blog. 

Sebagai jalan pintas, anda memang bisa menyewa jasa profesional untuk membuat laman berita. Namun, bagi anda yang ingin membangun lama berita non resmi yang jelas bukan untuk tujuan komersil, menyewa jasa profesional sepertinya bukan pilihan tepat ya? Dari berbagai cara, wordpress adalah salah cara yang mudah untuk membuat sebuah laman. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat laman berita Sumenep anda :

  • Pilih domain dan hosting

Apa itu? Domain adalah alamat website, sedangkan hosting memiliki fungsi untuk menyimpan semua file anda secara online. Dalam langkah ini anda akan diminta untuk menentukan jangka waktu, nama domain dan pembayaran.

  • Pilih Tema

Apa tema yang cocok untuk laman berita Sumenep anda? Pastikan memilih tema yang sesuai agar laman berita anda tidak hanya terlihat profesional namun juga menarik ya? 

  • Plugin

Plugin adalah fitur yang nantinya tersedia di laman berita anda. Jika sedang membaca berita online anda pasti pernah ya melihat tombol share, home, dan lainnya? Nah pastikan anda memasang plugin yang memudahkan pembaca.

  • Konten

Apa sih tujuan orang membaca berita? Konten atau isi. Meski laman berita anda memiliki design yang menarik, memiliki kecepatan akses yang baik, dan berbagai feature yang lain, namun jika konten yang anda pasang di laman tidak berkualitas, maka laman berita anda tidak akan dianggap kredibel oleh pembaca. Pasang berita berkualitas dan sudah dipastikan keakuratannya ya! Ingat tujuan anda membuat laman adalah untuk berbagi berita bukan berbagi hoax!

Bagaimana? Sudah siap membuat laman berita Sumenep anda? Selamat mencoba!