Cara Membuat Sate Kambing yang Pasti Jadi

Halo sobat sekalian, pada artikel yang sekarang ini mimin bakal sharing ke kalian tentang cara membuat sate kambing yang mudah dibuat dan anti gagal nih sob. Sebenarnya sate kambing pun bisa kita buat sendiri di rumah dengan beberapa peralatan sederhana sob. Tidak memerlukan peralatan yang rumit dan njelimet, hanya peralatan yang simple saja.

Seperti yang Mimin sudah tulis sebelumnya, bakalan sharing kepada kalian semua tentang cara membuat sate kambing yang enak nikmat Gurih dan mudah dipraktekkan oleh semua pemula yang baru belajar memasak. Oleh karena itu sobat sebaiknya perhatikan resep yang enak ini dengan benar dan tepat.

Sate kambing merupakan Sajian makanan yang kerap kita jumpai dan dijual oleh penjual pinggir jalan maupun restoran restoran bintang lima. Sate kambing buka merupakan Sajian makanan yang merakyat dan memiliki peminat yang sangat banyak. Oleh karena itu sate kambing merupakan Sajian makanan yang begitu dinikmati dan diminati Oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari usia muda hingga usia lansia pun meminati sajian makanan tersebut.

Biasanya mereka akan saling berbagi dan saling memberi daging sapi atau kambing.Mereka akan merayakan hari raya itu dengan cara memasak gulai sapi, menjadikannya sate, atau olahan olahan daging lainnya. Namun yang terpenting bukanlah itu, yang terpenting adalah tradisi kebersamaan yang harus kita jaga. Oleh karena itu pada hari ini Mimin ingin berbagi kepada kalian cara membuat gulai sapi yang nikmat dan lezat

Biasanya sate menggunakan daging daging makanan yang sudah umum di Indonesia. Contohnya daging kambing, daging sapi, daging kambing, dan daging lainnya yang cocok dijadikan sate. Kemudian daging tersebut dibakar atau dipanggang selama beberapa saat dan di kipasi hingga mengeluarkan asap yang memiliki aroma sangat enak.

Cara Membuat Sate Kambing

Jika sobat pergi ke warung atau restoran yang menjual sate, sobat akan menemui sate dengan harga 1000 hingga 5000 rupiah per tusuk nya, serta 10000 hingga 20000 Rupiah per mangkoknya. Sajian ini juga memiliki tambahan bumbu kacang berwarna coklat yang rasanya manis dan istimewa. Sungguh sangat menarik sekali kan sobat.
Karena rasanya yang enak dan sangat menarik pada hari ini Mimin bakalan berbagi ke kalian cara cara dan tips tips untuk membuat sate kambing yang nikmat layaknya yang dijual di pinggir jalan atau di restoran mewah. Tapi juga tergantung kalian bagaimana cara membuatnya ya sobat.

Bahan Sate Kambing

  • 5 butir bawang merah yang diiris halus;
  • 50 gram lemak sapi;
  • 450 gram daging kambing;
  • 60 gram gula merah yang disisir halus;
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk;
  • 2 sendok teh minyak goreng;
  • 8 buah cabai rawit hijau yang diiris;
  • 2 sendok makan kecap manis;
  • Bumbu Sate yang Dihaluskan;
  • 3 sendok makan air;
  • 2 sendok teh garam;
  • 6 sendok makan kecap manis tambahan.

Langkah Cara Membuat Sate Kambing

sate kambing sendiri merupakan makanan tradisional yang berasal dari berbagai daerah dengan versi yang berbeda beda. Salah satu contohnya adalah berasal dari Madura. Yaitu sate Madura yang berciri khas sate dengan rasa bumbu kacang manis yang kental dan sedikit asin pada rasa daging nya.
Versi keduanya ada yang mengatakan dari Kabupaten Ponorogo yaitu sate Taichan di mana sate tersebut memiliki rasa yang cenderung lebih manis hingga ke rasa daging nya. Tapi sebenarnya semua sate tersebut berasal dari Indonesia. Jadi kita patut Berbangga karena kita memiliki beragam kuliner yang memiliki Citarasa dan ciri khas yang berbeda beda pula.. Hal tersebut menurut Mimin merupakan kekayaan dan keberagaman kuliner di Nusantara

Perhatikan langkah langkah membuat sate kambing berikut ini :

  1. Cara pertama membuat hidangan kali ini adalah menyiapkan cobek dengan ulekannya. Kemudian masukkan semua bumbu yang akan dihaluskan ke dalamnya, lalu haluskan bumbu hingga tercampur rata dengan bumbu lain dan halus merata.
  2. Lalu, Anda bisa mengoleskan bumbu ini ke lemak daning kambing dan daging sapi lalu mencampurkan bumbunya.
  3. Tambahkan juga kecap dan minyak goreng bersama-sama, lalu aduk semua bumbu ini agar tercampur rata, dan celupkan semua bumbu ke dalam daging.
  4. Kemudian, tuangkan air ke dalamnya dan aduk semua campuran ini secara merata. diamkan selama satu hingga dua jam agar bumbunya merasuk ke dalam dagingnya.
  5. Setelah selesai, harap ikat sekitar 4 bagian potongan daging dalam satu sunduk (satu tusuk sate). Atau sesuaikan dengan keinginan Anda. Di setiap potongan, satu porsi lemak sapi dikombinasikan bersama daging kambing secara selang seling.
  6. Siapkan panggangan atau panggangan arang dan panaskan secara merata. Baru setelah itu masakan bisa dibakar merata hingga matang.Jangan lupa untuk membaliknya dan oleskan sisa bumbu ke piring hingga matang dan merata.
  7. jika dirasa sudah matang dan berwarna coklat silahkan angkat dari panggangan dan sate siap disajikan

Tips Pembuatan Sate Kambing

Kalau sobat sedang membuat sate kambing, sebaiknya sobat perhatikan takaran tubuhnya. Karena terdapat beberapa orang yang tidak menyukai aroma dari kambing atau sapi. Oleh karena itu jika kita ingin aroma kambing terasa terlalu kuat sobat bisa mencampurkan tubuhnya lebih banyak dan mendiamkannya lebih lama agar bumbunya merasuk sempurna hingga ke dalam dagingnya

Agar lebih enak sobat bisa menambahkan bawang goreng ketika menyaksikan nya. Sobat bisa menambahkan juga bawang merah yang Diiris tipis tipis lalu ditaburkan di atas sate nya. Bawang akan menambah kesegaran ketika makan sate kambing nya. Selain itu bawang merupakan antioksidan yang menyehatkan bagi tubuh.

Daging selain bisa dijadikan sate kambing, daging kambing juga bisa dijadikan bahan membuat bakso. Biasanya para pebisnis sukses membuat bakso secara efisien dan optimal menggunakan mesin pembuat bakso yang tepat dan tahan lama. Selain itu daging juga bisa di olah menjadi berbagai macam sajian istimewa yang enak jika digiling. Sobat bisa menggunakan mesin giling daging yang powerful dan efisien.

Sobat juga bisa menambahkan bumbu kacang atau saus kacang yang rasanya manis sebagai Pelengkap dari sate kambing tersebut. Rasanya akan semakin enak dan semakin lengkap ketika sobat memakannya. Oleh karena itu mimi mengklasifikasikan Sajian sate kambing ini sebagai Sajian khas Nusantara namun memiliki rasa yang sangat istimewa.

Cukup sekian sobat artikel yang Mimin bikin kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat sobat semuanya. Selalu nantikan artikel tentang resep resep menarik lainnya ya sobat. Karena mimin bakal rilis artikel dengan topik pembahasan yang lebih menarik lainnya loh sob.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂