Pengertian metamorfosis secara bahasa dan istilah

Metamorfosis berasal berasal dari bahasa Yunani yakni “Greek”. Meta (diantara, sekitar, setelah), morphe (bentuk), osis (bagian dari), jadi metamorphosis adalah suatu pergantian wujud selama pertumbuhan postembrionik. Hewan yang mengalami suatu metamorphosis cukup banyak, diantaranya adalah Katak, Kupu-kupu dan Serangga.

Metamorfosis secara simpel ialah sebagai sistem biologis yang menandai pertumbuhan pada hewan dimana suatu sistem tersebut melibatkan pergantian penampilan secara fisik maupun susunan organ setelah fase kelahiran ataupun penetasan.

 

Perubahan yang nampak pada sebuah sistem metamorphosis hewan disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel juga differensiasi sel tersebut bersama langkah yang radikal dan dinamik.

Metamorfosis merupakan suatu sistem pertumbuhan biologi pada hewan yang melibatkan suatu pergantian penampilan fisik dan/atau susunan setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal terlampau berbeda.

 

Metamorfosis biasanya terjadi pada fase yang terlampau berbeda, layaknya di awali berasal dari telur, larva atau nimfa, kadang kala juga sering melewati fase pupa dan berakhir jadi imago atau dewasa. Apakah artilarva, nimfa, pupa dan imago itu ? Menurut bukanarjuna.com berikut di bawah ini penjelasannya  :

 

  • Larva adalah suatu bentuk hewan muda yang berkembang melalui metamorfosis. Fase larva sering juga terjadi pada metamorfosis serangga dan amfibia, bentuk larva akan berbeda ketika sudah berubah bentuk menjadi dewasa. Misalnya seperti yang terjadi pada ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu. Larva ini memiliki organ khusus yang tidak dimiliki saat bentuk dewasa dan juga larva tidak akan memiliki pada organ tubuh tertentu ketika sudah menjadi dewasa.
  • Nimfa adalah hewan muda mirip dengan hewan yang sudah tumbuh dewasa, akan tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan terdapat beberapa bagian organ tubuh yang belum tumbuh. Biasanya nimfa pada metamorfosis akan mengalami peristiwa yang disebut juga dengan Molting atau pergantian kulit dan setiap setelah mengalami Molting hewan tersebut akan lebih kelihatan mirip dengan hewan yang sudah dewasa.
  • Pupa adalah suatu tahapan dimana jaringan larva mengalami pembelahan dan deferensiasi sel-sel yang sebelumnya tidak aktif pada tahap larva dan nantinya akan menjadi suatu organ tubuh. Pupa bisa disebut juga tahap kepong-pong pada metamorfosis dan setelah itu melewati tahap pupa hewan akan menjadi imago atau hewan dewasa. Tahap pupa hanya bisa didapat pada hewan atau serangga yang hanya mengalami metamorfosisi sempurna mislnya seperti pada kupu-kupu.