Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua, Mana yang Bagus untuk Perhiasan

Dalam dunia perhiasan pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perhiasan emas muda dan emas tua. Sampai saat ini kedua jenis perhiasan tersebut masih sering menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Apalagi pada saat mereka ingin membeli perhiasan. Pastinya sedikit kesulitan dalam memilih antara kedua pilihan tersebut.

Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua, Mana yang Bagus untuk Perhiasan

Lalu pada saat memilih perhiasan, sebaiknya memilih kadar emas muda atau memilih kadar emas tua? Nah, supaya mengetahui jawabannya, sebaiknya simak artikel di bawah ini.

Definisi Emas Muda dan Emas Tua, Mana yang Lebih Bagus

Secara umum perhiasan merupakan salah satu aksesoris yang lumrah digunakan oleh para kaum hawa. Jenis perhiasan yang seringkali digunakan yaitu seperti kalung, gelang, cincin, dan anting. Pada saat Anda ingin membeli perhiasan, pasti pihak pembeli akan memberikan 2 pilihan kepada Anda. Kedua pilihan tersebut antara lain adalah emas muda dan juga emas tua.

Emas muda merupakan suatu perhiasan yang memiliki kandungan emas di bawah 50%. Sedangkan emas tua merupakan jenis emas yang memiliki kandungan di atas 50% atau kadar emas yang terdapat pada emas tua di atas 70%.

BACA JUGA  Gemes! Berikut Inspirasi Outfit Hijab Print Untuk Main Bareng Anabul!

Alasan Mencampur Logam Lain ke Dalam Emas                        

Ada beberapa alasan tersendiri mengapa harus mencampur logam lain ke dalam emas. Salah satunya yaitu:

  • Alasan pertama yaitu supaya harga perhiasan turun. Emas merupakan suatu logam yang paling mahal. Maka dari itu mereka akan mencampurnya dengan logam lain supaya harga lebih terjangkau. Karena apabila emas sudah dicampur logam lain, harganya juga akan menjadi lebih murah dan terjangkau.
  • Alasan kedua yaitu supaya mendapatkan warna sesuai dengan yang diinginkan. Karena pastinya di dunia ini memiliki beberapa jenis logam. Sehingga dengan mencampurkan logam tersebut, mereka dapat menghasilkan berbagai pilihan warna yang beraneka ragam

Setelah disimpulkan kandungan emas muda memiliki paduan emas yang lebih sedikit pada saat diolah menjadi perhiasan. Sementara untuk jenis emas tua kandungan emasnya lebih banyak. Sehingga jika dibandingkan emas muda dan emas tua, akan lebih mahal emas tua.

Tingkat Kemurnian dan Karat

Saat membeli perhiasan apakah bagus emas muda atau bagus emas tua? Pada saat membeli emas, tentunya Anda tidak ingin membeli emas dengan kandungan emas yang rendah. Namun, emas tua atau emas yang memiliki kandungan karat tinggi belum tentu cocok untuk digunakan sebagai perhiasan. Karena semakin tinggi kadar emas perhiasan akan lunak dan mudah tergores atau penyok.

BACA JUGA  Info tentang Berkirim Karangan Bunga Duka Cita

Maka dari itu, saat membeli perhiasan sebaiknya pilihlah perhiasan yang memiliki kandungan 18 karat. Selain itu, emas 18 karat juga masih termasuk emas dengan kadar tinggi. Atau 18 karat ke bawah yang sering disebut dengan emas muda.

Jadi antara emas muda dan emas tua yang paling cocok digunakan sebagai perhiasan adalah lebih unggul emas muda. Jika memilih untuk membeli emas tua, sebaiknya digunakan untuk investasi saja. Bingung menentukan tempat harus membeli perhiasan? Mengapa tidak ke Adellejewellery.com saja? Mulai dari emas, perak, hingga platinum yang sudah disulap menjadi berbagai varian perhiasan siap menyapa Anda.