Pengaturan Pencahayaan Taman Yang Bagus

Indra manusia yang paling dominan dan ingin selalu dipuaskan adalah indra penglihatan, sehingga dalam kehidupan selalu ingin adanya kepuasan visual. Termasuk ketika menata rumah dan segala kebutuhannya seperti pembuatan taman. Pengaturan pencahayaan taman yang bagus memang bisa menunjang keindahan taman semakin terasa.

Pengaturan pencahayaan ini sebenarnya bisa dibantu dengan menambah berbagai interior pendukung lainnya. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kondisi taman dan juga keadaan ruang yang ada. Berikut adalah beberapa tips pengaturan pencahayaan taman yang bagus dan bisa dicoba.

1. Menggunakan Lampu Skala Kecil Untuk Memberikan Efek Cahaya Tersembunyi

Lampu yang dihadirkan dan bisa memberikan efek cahaya temaram dan tidak terlalu penuh bisa didapatkan dari kerajinan tembaga. Bentuk kerajinan tembaga yang beragam bisa disisipi oleh lampu yang diletakkan didalam kerajinan. Taruh dan susun pada taman sehingga bisa memberikan efek indah meski cahaya yang ada tidak terlalu berpendar.

2. Memilih Pola Lampu Yang Tak Beraturan

Jika ingin memberikan efek cahaya yang beragam dan kontemporer agaknya bisa memilih pencahayaan model ini. Pengerjaan model ini memang cocok untuk kalangan interior maupun eksterior. Gunakan jenis lampu dan bentuk yang beragam namun masih disesuaikan, pilih beberapa item lampu beraturan untuk dipadukan dengan lainnya.

3. Memilih Pencahayaan Desain Custom

Pada penataan cahaya model ini bisa menghadirkan resin tembus cahaya dan backlighting untuk menghasilkan jenis cahaya yang terpancar beraturan. Pemilihan teknik ini mampu memberikan aksen tertentu yang unik dan bisa menonjolkan suatu objek dalam taman misalnya patung. Agaknya hal ini sangat cocok untuk menunjang visualisasi taman yang indah.

4. Mengusung Cahaya Kontras Yang Dramatis

Agak berbeda dengan pemilihan pengaturan cahaya yang berimbang dan berfokus pada objek. Membuat cahaya kontras yang dramatis dengan memanfaatkan lampu dan kerajinan lainnya  yang mendukung bisa dilakukan. Teknik kontras yang dihasilkan memang akan membuat cahaya yang dipantulkan menjadi lebih tidak beraturan namun tetap indah.

5. Menggunakan Metode Cahaya Aksen

Cahaya aksen untuk mengatur pencahayaan dalam taman bisa dihasilkan dengan menggunakan penempatan lampu dinding pada area taman. Pilihlah jenis lampu yang memancarkan dua warna cahaya yang berbeda untuk mendukung konsep yang diinginkan. Tentunya sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan ya.

Nah diatas adalah ulasan mengenai pengaturan pencahayaan taman yang bagus dan tentunya bisa dijadikan referensi. Pastikan untuk menyesuaikan segalanya dengan kebutuhan dan konsep yang ada ya. Selamat mencoba.