Penyebab Muncul Tungau, Ternyata Hanya dari Kebiasaan Ini!

Penyebab muncul tungau terkadang tidak cukup menjadi perhatian. Orang-orang lebih terlibat dalam hal pembasmian dan cara mengatasi munculnya tungau tersebut.

Padahal jika menengok lebih jauh lagi, kehadiran tungau banyak membawa masalah. Selain berdampak bagi kesehatan, juga bisa menyebabkan ketidaknyaman penghuni rumah.

Tungau ini paling sering tinggal di perabotan rumah tangga, seperti kasur atau sofa dan mudah berkembang biak di tempat-tempat lembab lagi berdebu. Namun, sebenarnya apa yang menyebabkan makhluk parasit kecil ini muncul?

baca juga: jasa cuci sofa depok

Beberapa Penyebab Muncul Tungau

Tungau merupakan kutu kasur kecil yang tidak terlihat jika hanya dengan mata telanjang. Akan tetapi, ketika sudah menggigit bagian tubuh kita, dampaknya akan sangat terasa.

Banyak yang menyebutkan, tungau ini adalah biang kerok atas gatal-gatal ketika kita tidur di ranjang. Bahkan, jika dibiarkan berparasit terlalu lama, tungau ini dapat menyebabkan seseorang terkena asma.

BACA JUGA  3 Bahaya Kutu Kasur yang Harus Diwaspadai

Sebenarnya ada beberapa penyebab munculnya tungau di kasur. Faktor ini tidak lain karena kecerobohan dan kebiasaan buruk pengguna kasur itu sendiri.

Jarang Mengganti Sprei dan Menjemur Kasur

Kasus pertama adalah lantaran pemilik jarang mengganti sprei kasur tersebut. Hal ini tentunya mengundang tungau, mengingat tungau suka di tempat yang kotor.

Penyebab kedua yakni, jarang mengontrol kasur. Adakalanya, kasur perlu keluar dan mendapatkan panas matahari, sehingga tidak menyebabkan debu menempel di dalamnya.

Di saat seseorang tidak sering menjemur kasur, atau bahkan tidak pernah, secara otomatis tungau akan datang dan tinggal di dalamnya.

baca juga: jasa cuci springbed depok

Kebiasaan Meletakkan Baju Kotor di Kasur

Penyebab munculnya tungau juga dipelopori akan keseringan menaruh baju kotor di atas kasur. Berdasarkan riset, hal tersebut termasuk salah satu tempat tinggal paling nyaman bagi para tungau.

BACA JUGA  Usaha Cleaning Service yang Menjanjikan

Hal ini bersumber dari baju yang habis dipakai, umumnya mengandung keringat. Ternyata, keringat manusia adalah aroma yang paling kutu suka, sehingga kutu kasur pun betah juga apabila ada baju kotor di sana.

Maka dari itu, apabila Anda ingin tungau tidak membersamai istirahat Anda, perlu sekali untuk selalu menjaga kebersihan kamar. Terutama bagian kasur. Sering-seringlah mengganti sprei dan jangan lupa untuk menjemur secara rutin kasus tersebut.

Penyebab muncul tungau ternyata memang berasal dari kebiasan buruk yang kita kerap anggap sepele. Jadi, tetap lakukan perawatan, jika perlu gunakan penyedot debu agar hasil optimal.