6 Cara Merawat Sofa Kulit Agar Tetap Elegan dan Mengilap

Cara merawat sofa kulit berbeda dari material lain. Selain memberikan kesan mewah dan elegan, jenis perabot ini rentan mengalami kerusakan apabila Anda salah menerapkan cara pemeliharaan.

Ada tiga jenis bahan kulit yang digunakan untuk sofa, antara lain finished leather, unfinished leather, dan kulit imitasi. Masing-masing material memiliki keunggulan dan kekurangan yang dijadikan acuan penyedia jasa pembersih sofa sebelum melakukan tugasnya. Namun, Anda bisa merawat sendiri sofa kulit dengan langkah-langkah berikut ini.

baca juga jasa cuci sofa tangerang

  1. Jangan tunda membersihkan noda

Salah satu kebiasaan buruk yang masih dilakukan pemilik sofa kulit adalah tak segera membersihkan noda yang menempel di permukaannya. Langsung mengatasi kotoran adalah cara merawat sofa kulit yang bakal mempertahankan kualitas bahan maupun warnanya. Pastikan juga Anda tak menggosok permukaan sofa karena akan berisiko merobeknya.

  1. Pilih kaun pembersih yang sesuai sofa

Jenis kain atau lap pembersih untuk sofa kulit pun tak boleh sembarangan. Kain dengan tingkat penyerapan rendah kurang direkomendasikan karena akan meninggalkan cairan di permukaan sofa. Carilah kain pembersih dengan daya isap maksimal. Jadi, Anda tak akan repot mengelap bagian yang kotor berkali-kali.

  1. Hindari penggunaan detergen

Sekilas, memakai detergen untuk membersihkan perabot tertentu terdengar ampuh. Kenyataannya, kandungan dalam jenis pembersih tersebut berisiko merusak struktur kulit pada sofa. Pada cara merawat sofa kulit satu ini, Anda dianjurkan menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran lainnya dari permukaan sofa.

  1. Jangan biarkan sofa terpapar sinar matahari langsung

Menjemur sofa kulit langsung di bawah sinar matahari langsung justru berbahaya. Paparan panas yang mengenai permukaan sofa justru akan membuat kulit cepat mengering bahkan mengerut. Jika Anda melakukannya dalam waktu lama, warna pada permukaan sofa juga bakal cepat memudar dan merusak pemerataan warnanya.

kunungi juga blog tentang cuci sofa tangerang

  1. Jauhkan dari jangkauan benda tajam

Walau beberapa jenis kulit mempunyai ketebalan yang membuatnya tahan akan goresan atau baretan, Anda sebaiknya tetap menjauhkan sofa kulit dari jangkauan benda tajam. Dalam cara merawat sofa kulit ini, Anda juga bisa memberikan proteksi tambahan seperti kain dekorasi. Hal ini akan membuat permukaan kulit tak terkena langsung saat gunting atau pisau terjatuh.

  1. Aplikasikan losion kulit pada permukaan sofa

Langkah ini mungkin terdengar sepele, tetapi cukup ampuh untuk merawat sofa kulit. Kandungan dalam losion kulit memungkinkan tingkat kelembapan pada kulit tetap terjaga. Penampilannya pun akan terlihat mengilap. Anda hanya perlu memberikan losion kulit tiga bulan sekali agar sofa tak mengalami kerusakan.

Memakai layanan dari penyedia jasa pembersih sofa dapat dijadikan cara merawat kulit sofa, terutama kalau Anda ingin mendapatkan pemeliharaan yang tepat untuk menghindari kerusakan parah.