Cara Mencuci Mobil Sendiri, Bersih dan Hemat Biaya

Cara mencuci mobil sendiri sebenarnya sangat mudah dan lebih hemat biaya. Anda akan merasa lebih puas jika bisa membuat penampilan mobil anda bersih dan terlihat mengkilap sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika rutin mencuci mobil hingga mengkilap, tentu saja penampilan mobil anda akan selalu terlihat seperti baru. Bahkan ada yang menganggap bahwa kebersihan mobil bisa mencerminkan kepribadian pemiliknya.

Selain merawat diri sendiri, ternyata mobil juga perlu dirawat. Selain menjadikan mobil bersih dan enak dipandang, ternyata mencuci mobil memiliki manfaat lain.

baca juga jasa cuci jok mobil Pekanbaru

Membersihkan mobil ternyata juga bisa menjaga kondisi cat kendaraan agar tetap baik. Sebab sebenarnya cat mobil mempunyai semacam pori-pori.

Jadi, jika mobil jarang dicuci, otomatis pori-pori mobil tersebut akan tertutup oleh kotoran sehingga akan sangat sulit ketika dibersihkan. Hal ini sebenarnya yang membuat mobil terlihat kusam.

Mencuci mobil secara rutin berarti anda sudah melakukan pencegahan agar body mobil anda terhindar dari noda membandel, jamur, bahkan hingga karat.

Dengan cara membersihkan mobil sendiri di rumah, merupakan kesempatan anda untuk mengecek semua bagian mobil. Cek keseluruhan body, interior mobil, serta memeriksa kondisi kendaraan anda.

Inilah Cara Mencuci Mobil Sendiri Dengan Benar dan Tepat

Pertama siapkan peralatan yang anda butuhkan. Seperti lap plas chamois, sabun khusus pencuci mobil, lap microfiber, ember, sikat kecil, dan juga selang. Berikut langkah-langkah mencuci mobil dengan benar agar hasil mencuci menjadi mengkilap.

Basahi Full Body Mobil

Cara mencuci mobil sendiri di rumah yang pertama adalah basahi seluruh body mobil anda. Tujuannya adalah untuk melarutkan kotoran seperti tanah, debu, atau bercak noda yang menempel.

baca juga: cuci mobil di Pekanbaru

Hindari menyemprot mobil dengan tekanan air yang tinggi, karena itu bisa menyebabkan body mobil menjadi penyok. Lakukan gerakan menyemprot dengan cara menyamping.

Bersihkan dengan Sabun Khusus Mobil

Setelah menyemprot body mobil dengan air, langkah selanjutnya adalah membersihkan body dengan sabun. Pastikan sabun yang anda gunakan adalah sabun khusus pencuci mobil agar tidak merusak bagian eksterior mobil.

Lakukan pencucian mulai dari bagian atas lalu turun ke bawah. Cara ini tentu saja lebih cepat melunturkan kotoran yang menempel pada body mobil.

Bilas dan Keringkan Dengan Benar

Pastikan anda membilas dengan air bersih dan mengalir. Mulai dari bagian atas mobil, lalu turun ke bawah. Bilas juga detail-detail seperti diatas tadi. Setelah bersih sampai tidak ada noda sabun, lalu keringkan. Gunakan lap plas chamois, kanebo, atau juga bisa lap kering lainnya. Pastikan anda perhatikan cara mencuci mobil sendiri ini.