Cara Membersihkan Sofa yang Kotor Agar Tetap Nyaman dan Awet

Cara membersihkan sofa yang kotor tidaklah sulit. Meski begitu, bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan. Membersihkan sofa itu sendiri bisa memberikan banyak manfaat, baik itu dalam hal tampilan maupun kesehatan. Maka dari itu, kebersihan sofa harus dijaga setiap saat.

Inilah Cara Membersihkan Sofa yang Kotor

Bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan sofa yang baik dan benar, maka anda bisa langsung simak ulasan berikut ini.

Memanfaatkan Vacuum Cleaner

Salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk membersihkan sofa yang kotor yaitu menggunakan alat vacuum cleaner. Perlu untuk anda ketahui bahwa alat yang satu ini bisa membersihkan sofa dari debu maupun bakteri.

baca juga: bersih rumah batam

Dengan menggunakan vacuum cleaner, maka cara membersihkan sofa yang kotor bisa berjalan lebih cepat dan maksimal. Hal ini dikarenakan kotoran yang menempel di sofa bisa terhisap secara optimal. Sofa benar-benar bisa terbebas dari debu.

Menggunakan Deterjen Cair

Pembersihan sofa juga dipengaruhi dari bahannya. Untuk sofa yang dibuat dari kain, anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih, seperti deterjen cair.

Cara membersihkan sofa berbahan kain ini bisa anda lakukan dengan mencampurkan deterjen cair dan air hangat terlebih dahulu. Kemudian anda bisa membasuhkannya ke sofa kain yang kotor.

Dalam hal ini, pastikan anda menggunakan lap yang benar-benar bersih. Selain lap, anda juga bisa menggunakan sikat gigi apabila ada kotoran yang sulit hilang. Pastikan anda menyikatnya secara hati-hati agar tidak merusak sofa.

baca juga: penyedia jasa cleaning service batam

Kombinasi Cuka dan Air

Bahan lainnya yang bisa anda pakai untuk membersihkan sofa yang kotor yaitu campuran cuka dan air. Cara membersihkan sofa dengan cuka sangat efektif dalam menghilangkan noda yang membandel.

Anda bisa menggunakannya hingga beberapa kali sampai kotoran benar-benar hilang dari sofa. Setelah sofa bersih, anda bisa mengeringkannya dan dilanjut dengan diuap menggunakan setrika uap.

Cara membersihkan sofa yang kotor ini bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau amis yang seringkali menempel pada sofa. Dengan demikian, sofa tidak hanya bersih. Akan tetapi, sofa juga harum sehingga nyaman digunakan.

Tisu Basah

Sofa yang kotor juga bisa anda bersihkan dengan memanfaatkan tisu basah. Tisu basah ini bisa anda pakai untuk menyeka bagian sarung sofa secara perlahan. Penggunaan tisu basah ini dijamin tidak akan merusak kain sofa.

Hal ini dikarenakan tisu basah mempunyai kandungan yang lembut dan teksturnya kering. Saat menggunakan tisu basah pun, anda juga tidak perlu khawatir permukaan sofa akan menjadi terlalu basah.

Perlu anda sadari bahwa cara membersihkan sofa yang kotor memang penting untuk diterapkan. Pasalnya, sofa menjadi salah satu furniture yang sering digunakan setiap harinya. Dengan menjaga kebersihan sofa, maka kenyamanan dan kesehatan keluarga bisa terjaga dengan baik.