Cara Membersihkan Rumah Dari Virus Corona Untuk Mencegah Penularan

Untuk melawan virus corona, kebersihan adalah hal yang harus diutamakan. Karenanya, selain menjaga kebersihan diri. Anda juga harus tahu cara membersihkan rumah dari virus corona. Nah, sudah tahukah Anda bagaimana caranya?

Selama masa pandemi corona, aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Oleh sebab itu kebersihan rumah sangat penting dijaga. Terlebih ada fakta bahwa virus corona mampu bertahan hidup cukup lama di permukaan benda. Sehingga sangat memungkinkan bila rumah menjadi tempat penularan virus.

Untuk itu, demi mencegah dari tertular virus corona. Anda harus membersihkan rumah secara menyeluruh. Berikut ini beberapa cara membersihkan rumah agar terhindar dari virus corona yang bisa Anda lakukan:

  1. Siapkan Peralatan Bersih-Bersih Yang Dibutuhkan

Sebelum membersihkan rumah, siapkan lebih dulu peralatan yang dibutuhkan. Misalnya masker, sarung tangan karet dan lap bersih. Sediakan juga sabun cair dan cairan disinfektan.

baca juga artikel tentang jasa membersihkan rumah tangerang

Selama membersihkan rumah dari virus, biarkan jendela terbuka lebar. Sehingga sirkulasi udara lancar dan Anda juga nyaman saat bersih-bersih.

  1. Jangan Lupa Gunakan Masker

Virus ibarat seperti makhluk tak kasat mata. Anda tidak bisa melihatnya namun Anda harus maksimal dalam memproteksi diri. Untuk itu, jangan lupa gunakan masker. Termasuk ketika sedang membersihkan rumah.

  1. Bersihkan Permukaan Benda dengan Air dan Sabun

Cara membersihkan rumah selanjutnya adalah dengan air dan sabun. Pertama-tama, cuci tangan pakai sabun. Kemudian gunakan sarung tangan. Setelah itu, bersihkan setiap permukaan benda di rumah.

Gunakan lap yang telah direndam air sabun. Mulai dengan bersihkan benda yang sering dipegang. Seperti kenop pintu, meja dan remote tv. Jangan lewatkan juga sela-sela benda. Seperti kaki meja, lengan kursi dan lainnya.

Untuk lantai, sama seperti saat mengepel biasa. Gunakan lap bersih dan cairan pembersih lantai. Atau bisa juga sabun dan cairan disinfektan.

baca juga blog tentang jasa cleaning service tangerang

  1. Lakukan Disinfeksi Pada Permukaan Benda

Semprotkan cairan disinfekstan pada setiap permukaan benda untuk melakukan disinfeksi. Terutama di kamar tidur dan kamar mandi yang dipakai bebarengan. Setelah di semprot, biarkan selama sekitar 10 menit. Kemudian usap dengan kain bersih hingga permukaan benda kering.

Cairan disinfektan bisa dibeli secara offline maupun online. Atau bisa juga Anda buat sendiri di rumah. Campurkan 4 sendok teh larutan pemutih pakaian dengan 1 liter air. Lalu tuang dalam botol spray dan siap gunakan.

  1. Bersihkan Diri Setelah Membersihkan Rumah

Selesai dengan cara membersihkan rumah agar terhindar dari corona yang dijelaskan di atas. Segera bersihkan diri dan peralatan yang digunakan. Cuci atau buang masker, sarung tangan dan lap. Lalu bereskan semua sisa sampah.

Setelah itu, bersihkan diri dengan mandi menggunakan sabun. Jangan lupa ganti baju lalu cuci untuk membersihkan virus.

Secara rutin lakukan cara membersihkan rumah dari virus corona ini setiap minggu. Dengan begitu, Anda akan dapat terbebas dari tertular virus saat di rumah.