5 Cara Membersihkan Karpet Dari Rambut Tanpa Laundry

Memiliki karpet yang kotor tentunya harus dibersihkan sebab sangat mengganggu kenyamanan. Tidak sedikit orang yang memilih untuk ke laundry guna membersihkan karpet yang dimiliki. Sebenarnya tidak perlu datang ke laundry untuk membersihkan karpet. Ada beberapa cara membersihkan karpet dari rambut. Cara berikut ini bisa dilakukan untuk anda yang ingin membersihkan karpet sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Karpet Dari Rambut yang Benar

Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet dari rambut.

  1. Membersihkan  Debu Terlebih Dahulu Sebelum Mencucinya

Karpet berdebu memang menjadi masalah tersendiri. Terkadang beberapa orang merasa kesal dengan karpet yang kotor. Hingga akhirnya mencucinya dengan air. Padahal cara tersebut kurang dibenarkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan karpet terlebih dahulu. Sebab banyak debu dan kotoran yang menempel pada karpet. Jika langsung dibasahi dengan air, maka sama saja dengan meratakan debu tersebut.

Membersihkan debu bisa dilakukan menggunakan alat penyedot debu. Bisa juga dengan cara sederhana yaitu menggunakan sapu. Setelah itu, bersihkan menggunakan air.

baca juga cuci karpet tangerang selatan

  1. Menggunakan Sabun Khusus Cuci Karpet

Cara membersihkan karpet dari rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun khusus cuci karpet. Cara yang satu ini juga sangat disarankan. Sebab, sabun khusus karpet memiliki formula untuk menghilangkan noda pada karpet.

Jenis sabun cuci karpet berbeda-beda. Sebab, jenis bahan yang digunakan untuk membuat karpet juga berbeda. Jika menggunakan sabun sembarangan, akan beresiko membuat karpet menjadi rusak. Apalagi seratnya yang semakin tipis.

  1. Menggunakan Selang Penyemprot Air

Menggunakan selang penyemprot air merupakan salah satu cara membersihkan karpet dari rambut. Air yang disemprotkan dari selang memberikan tekanan lebih pada serat-serat karpet.

Sehingga debu-debu yang menempel pada karpet juga akan hilang. Langkah yang satu ini bisa dijadikan alternatif ketika membersihkan karpet dari rambut.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah menghindari penggunaan sikat dengan bulu keras. Hal ini akan membuat karpet menjadi rusak. Sebab rambut pada karpet mudah rontok.

baca juga jasa cuci karpet tangerang selatan

  1. Membilas Karpet Dua Kali Agar Lebih Bersih

Selanjutnya adalah membilas karpet dua kali agar lebih bersih. Debu yang menempel pada karpet tidak akan hilang jika tidak dibilas dengan bersih. Sabun yang digunakan juga masih menempel dan membuat karpet berbau apek.

Oleh karena itu, disarankan untuk membilas karpet dengan air bersih dua kali. Debu dan sisa sabun dapat hilang terbawa dengan air bilasan.

  1. Menjemur Karpet Dengan Benar

Cara selanjutnya adalah menjemur karpet dengan benar. Salah satu cara untuk menjemur karpet yang benar adalah tidak menjemur dibawah sinar matahari secara langsung. Hal ini juga akan berpengaruh pada permukaan karpet.

Beberapa langkah diatas bisa anda gunakan sebagai cara membersihkan karpet dari rambut. Cara diatas juga bisa dilakukan di rumah dengan mudah.