Begini Cara Membersihkan Spring Bed Agar Tak Mudah Berjamur!

Tahukah Anda bila cara membersihkan spring bed berbeda dengan kasur tidur atau matras? Dalam hal ini, Anda harus pastikan air yang digunakan tak terlalu banyak, karena nanti spring bed kering lebih lama dan mengeluarkan aroma kurang sedap. Apalagi kasur lembab berpotensi menjadi tempat pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan gatal dan gangguan kulit lainnya.

baca juga artikel tentang cuci springbed bandung

Nah, berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan.

  • Melepaskan seprai terlebih dahulu

Pertama, lepaskan terlebih dulu benda yang menutupi bagian atas spring bed, termasuk di antaranya seprai. Langkah dalam cara membersihkan spring bed kotor ini akan memudahkan Anda mencuci kasur. Bahkan kalau memungkinkan, lepaskan juga sarung bantal dan guling untuk dibersihkan bersama seprai agar tak kotor lagi.

  • Menyiapkan alat-alat pembersih

Sebenarnya, membersihkan permukaan spring bed dapat dilakukan dengan menggunakan penyedot debu. Akan tetapi, metode tersebut belum tentu memberikan hasil maksimal. Maka dari itu, siapkan alat-alat memulai cara membersihkan spring bed, antara lain kain mikrofiber atau kain lap bersih, sabun air dingin, dan semprotan disinfektan.

baca juga laundry springbed bandung

  • Bersihkan spring bed secara menyeluruh

Mulai proses ini dengan mencuci noda yang terlihat, lalu bersihkan secara menyeluruh menggunakan kain mikrofiber beserta semprotan air dingin. Selanjutnya, tepuk-tepuk memakai kain. Bersihkan dari area terluar hingga ke pusat titik noda untuk menghindari pelebaran area kotoran. Tambahkan air secara bertahap agar noda benar-benar hilang.

Selanjutnya, berikan semprotan disinfektan untuk menghindari pertumbuhan jamur. Lanjutkan terus ke bagian-bagian lain sebagai salah satu langkah dalam cara membersihkan spring bed yang kotor.

  • Mengeringkan spring bed dengan tepat

Menjemur spring bed yang telah Anda bersihkan di bawah sinar matahari adalah langkah paling efektif. Pasalnya, metode tersebut bakal meningkatkan peluang membunuh kuman maupun jamur. Namun kalau tidak bisa, letakkan spring bed di dekat kipas angin untuk mengeringkannya. Tempatkan kasur di sekitar celah jendela agar terkena sinar matahari. Terakhir, bersihkan lagi dengan penyedot debu.

Demikian langkah-langkah dalam cara membersihkan spring bed. Semoga informasi ini bermanfaat!