5 Trik Cara Membersihkan Sofa Kayu Agar Terlihat Selalu Baru

Perabotan berbahan dasar kayu termasuk salah satunya adalah sofa seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang. Kesan etnik dan estetik bisa diperoleh dengan memilih sofa kayu yang sesuai. Ketahuilah cara membersihkan sofa kayu agar senantiasa terlihat baru meskipun telah lama dibeli.

Bagaimana Cara Membersihkan Sofa Kayu Agar Terlihat Selalu Baru?

Perabot dari kayu yang tidak dibersihkan secara teratur tentu saja lama kelamaan akan terlihat kotor dan kusam. Oleh karena itu penting untuk melakukan perawatan dengan cara membersihkannya secara rutin. Penasaran bagaimana cara membersihkan kursi kayu berdebu?

baca juga: jasa cuci jok mobil jakarta barat

1. Gunakan Lap dan Minyak Khusus Kayu

Cara membersihkan sofa kayu yang kotor dan berdebu bisa dengan menggunakan lap bersih dan minyak khusus kayu. Mengaplikasikan minyak ini akan membuat permukaan kayu menjadi lebih mengkilap. Belilah minyak khusus untuk kayu yang biasanya dijual di toko furniture.

BACA JUGA  Kriteria Perusahaan Jasa Cleaning Service Jakarta Terbaik

2. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner Mini

Cara membersihkan kursi kayu berdebu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan vacuum cleaner mini. Alat ini biasanya memiliki ujung sikat kecil yang dapat menjangkau tempat-tempat yang cukup sulit dibersihkan. Sikat pada vacuum cleaner efektif untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kursi kayu.

3. Manfaatkan Air Hangat dan Sabun dengan Formula Lembut

Cara mencuci sofa kayu jati yang masih mentah atau tidak dilapisi dengan vernis bisa memanfaatkan air hangat dan sabun yang berformula lembut. Gunakan lap bersih yang lembut dan celupkan pada air hangat yang telah dicampur dengan sabun. Usapkan secara lembut pada seluruh bagian furniture. Segera keringkan agar tidak merusak kayu.

baca juga: cuci karpet jakarta timur

4. Lakukan Pemolesan dengan Semir Kayu

Melakukan pemolesan dengan menggunakan semir khusus kayu hanya bisa diaplikasikan pada sofa yang dilapis dengan vernis. Penggunaan semir kayu pada furniture mentah justru akan membuat tampilannya menjadi kurang bagus. Pemolesan secara rutin akan membuat tampilan sofa kayu selalu terlihat baru dari waktu ke waktu.

BACA JUGA  Begini Cara Membersihkan Spring Bed Agar Tak Mudah Berjamur!

5. Keringkan dengan Lap Lembut

Perabot rumah tangga yang berbahan kayu tentu saja banyak yang tidak cukup baik apabila sering terkena air dalam jumlah banyak atau waktu yang lama. Oleh karena itu sangat penting untuk segera mengeringkan sofa kayu setelah dibersihkan dengan air, Anda bisa menggunakan kain bersih yang lembut. Cara membersihkan sofa kayu cukup mudah kan?