Wajib Tahu! Berikut Ukuran Plat Besi Lubang dan Harga Terbarunya

Ukuran plat besi lubang bervariasi, tergantung ketebalan dan kustomisasinya. Jika Anda baru pertama akan menggunakan plat besi lubang dalam proyek pembangunan, lebih dulu simak informasi penting tentang plat besi lubang berikut.

Ada berbagai macam plat besi yang sering dipakai dalam konstruksi pembangunan, seperti plat besi hitam, plat kapal, dan plat besi lubang. Masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi sendiri.

Nah, pada artikel ini akan fokus mengulas mengenai plat besi lubang, dari ukuran hingga harga terbarunya.

Apa Itu Plat Besi Lubang?

Plat besi lubang adalah plat besi yang permukaannya sudah dilubangi dan membentuk pola-pola pada penampangnya. Sesuai nama dan wujudnya, plat besi lubang disebut juga dengan perforated metal, perforated sheet, perforated steel, atau perforated screen.

Pemberian lubang pada plat besi lubang bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan kegunaannya yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor industri.

Proses pembuatan plat besi lubang pun tidak sederhana. Plat besi lembaran dipotong sesuai ukuran standar, kemudian masuk ke teknik penembusan menggunakan alat khusus untuk menghasilkan lubang pada permukaannya.

Lubang pada plat besi pun tidak selalu berbentuk bulat. Tersedia motif lain yang bervariasi, seperti lingkaran, semanggi, heksagon, persegi, hingga lubang koin. 

Anda bahkan bisa request bentuk lubang di beberapa pabrik plat besi lubang, dengan catatan bentuk yang masih bisa dibuat oleh mesih.

Ukuran Plat Besi Lubang

Ukuran lubang menjadi salah satu fitur yang turut dipertimbangkan ketika akan membeli plat besi lubang. Hal ini karena berbeda penggunaan, berbeda pula ukuran lubangnya.

BACA JUGA  Tiga Manfaat Perangkat Lunak Reservasi Manajemen Tempat Kerja

Karena itulah, ukuran lubang pada plat besi lubang pun bervariasi, tergantung bentuk dan lebar plat. Juga kustomisasi yang diperlukan.

Umumnya, variasi lubang pada plat besi lubang antara 1mm hingga 12mm. Dengan ukuran ketebalan mulai dari 0,8mm, 1mm, 1,2mm, 1,5mm, 2mm, hingga 3mm.

Lebih lanjut, berikut tabel ukuran plat besi lubang yang bisa menjadi referensi Anda.

Ketebalan 0,7mm

Ketebalan 0,7mm

Ketebalan 1,1mm

Ketebalan 1,1mm

Ketebalan 1,4mm

Ketebalan 1,4mm

Ketebalan 1,8mm

Ketebalan 1,8mm

Fungsi Plat Besi Lubang di Berbagai Industri

Mungkin Anda lebih sering menemukan plat besi lubang sebagai pagar gedung atau hunian, ya. Namun, sebenarnya plat besi lubang dapat digunakan di berbagai bidang industri, bukan hanya sebagai material konstruksi bangunan saja. Berikut penjelasannya.

  • Sebagai jalur sirkulasi udara

Plat besi lubang sangat memungkinkan difungsikan sebagai ventilasi, karena fitur lubang-lubang pada permukaannya yang dapat dilalui udara. Biasanya, plat besi lubang diaplikasikan dalam sistem ventilasi di pabrik.

  • Media penyaringan dan pemisahan zat

Industri makanan, kimia, hingga petrokimia juga menggunakan plat besi lubang pada rangkaian mesin produksi mereka sebagai saringan.

Dengan rancangan khusus dan sterilisasi, plat besi lubang dipasang untuk memisahkan partikel atau zat tertentu dari gas atau fluida.

  • Menjadi elemen dekoratif

Adanya lubang pada permukaan plat besi dapat memberi sentuhan estetik. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk elemen dekoratif dalam desain arsitektur.

Banyak yang menerapkan plat besi lubang untuk mempercantik langit-langit, dinding, atau pagar hunian atau gedung. Anda juga dapat memasang plat besi lubang sebagai dinding sekat yang unik.

  • Elemen pada peralatan elektronik
BACA JUGA  Menemukan Cincin Tunangan yang Sempurna: Peranan Diamond

Plat besi lubang juga tersedia dalam ukuran mikro. Biasanya, ini dikustom oleh pabrik elektronik untuk melengkapi elemen produk mereka.

Plat besi lubang dapat digunakan sebagai panel ventilasi pada peralatan elektronik untuk mengatur suhu. Sehingga dapat mencegah panas berlebih.

Harga Plat Besi Lubang Terbaru 2023

Harga plat besi lubang bervariasi tergantung lebar, ukuran, dan ketebalan. Berikut harga terbaru tahun 2023 yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

  • Plat besi lubang bulat ukuran 0,8mm, 50 x 50 cm: Rp50.000
  • Plat besi lubang bulat ukuran 3mm, 19 x 100 cm: Rp40.000
  • Plat besi lubang hexagonal ukuran 6mm, 60 x 40 cm: Rp55.000
  • Plat besi lubang hexagonal ukuran 120mm, 60 x 40 cm: Rp147.000

Itulah informasi mengenai ukuran plat besi lubang dan harga terbarunya. Jika Anda sedang mencari plat besi lubang dengan kualitas terbaik, Anda dapat menghubungi CV. Dua Putra Petir atau kunjungi websitenya di duaputrapetir.com. Mereka adalah perusahaan yang jual besi beton SNI Surabaya yang telah melayani pelanggan dari berbagai daerah sejak bertahun-tahun.