Ini Dia Truk Populer Untuk Angkut Berat di Indonesia

Di Indonesia, salah satu kendaraan terpenting memiliki sejumlah keunggulan, sehingga dibutuhkan alat pengangkut bahan berat. Ya, berbagai jenis truk, dari yang terkecil hingga yang terbesar, dengan mana material berat dapat diangkut hingga ton.

Nah, beberapa truk berat paling populer di Indonesia adalah:

Truk fuso

Truk berat jenis ini termasuk truk kecil. Jika jumlah total ban adalah 6, ada 2 ban di depan dan 4 ban lainnya di belakang (masing-masing sisi dipasangkan satu sama lain. Meskipun truk Fuso adalah jenis truk kecil, sebenarnya dapat mengangkat beban berat dan dapat menampung hingga 7 ton.

Lihat Juga: Video Mobil Truk

Truk Engkel Colt Diesel

Knuckle Truck Crank Diesel, atau yang juga bisa disebut singkatan CDE, adalah jenis truk kecil yang begitu umum di jalan raya. Memang, karena ukurannya yang cukup kecil, ia mampu masuk ke jalan sempit seperti mobil biasa.
Selain itu, truk Diesel Colt hanya memiliki 4 roda, yaitu sepasang di bagian depan dan sepasang di bagian belakang. Beban maksimum yang bisa diserap adalah 2 ton.

Truk Colt Diesel Ganda

Meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan truk Colt Diesel, truk Colt Diesel ganda sebenarnya hampir sama dengan truk Fuso. Ini karena CDD memiliki total 6 ban, 2 di depan dan 4 di belakang. Termasuk jenis truk, yang cukup besar, beban maksimum jenis truk ini hampir sama dengan truk Fuso, meskipun lebih kecil. Beban maksimum adalah 4 ton.

Truk tronton

Untuk jenis truk angkat berat ini tentunya sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dimana berguna untuk mengirim barang logistik berat dan dalam jumlah banyak.
Jumlah ban keseluruhan adalah 10, 2 di antaranya di depan dan 8 di belakang. Selain itu, muatan maksimum yang dapat dimuat oleh truk-truk pengangkat berat populer di Indonesia ini adala 10 ton.

Kereta gandeng

Untuk jenis pengangkut tugas berat paling populer di Indonesia, ini adalah jenis truk terbesar yang dapat mengangkat muatan yang sangat besar. Bahkan beban maksimum yang bisa diambil mencapai 26 ton lebih. Tidak heran, karena truk berat ini cukup besar, bahkan jumlah ban mencapai 16 ban, bahkan ukuran besar bisa memiliki 26 ban.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan alat angkut truk berat tentu sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia.