Ide Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Keuntungan

Meskipun tampak mustahil, tetapi ide bisnis modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan besar itu bukan sekedar isapan jempol belaka. Ide tersebut dapat terwujud, jika paham akan ilmunya. Seperti yang banyak diketahui hampir sebagian besar pebisnis besar di Indonesia bahkan dunia memulai usahanya dengan modal yang sangat minim.

Banyak orang yang latah mengikuti atau membangun usaha hanya sekedar ikut-ikutan, tanpa pernah mempelajari seluk beluk bisnis tersebut.  Relasi menjadi bagian penting saat menjalankan ide bisnis modal kecil. Untuk itu menjaga hubungan yang baik dengan keluarga rekan maupun orang lain di media online dan offline. Beberapa gagasan tersebut antara lain:

1. Sektor Usaha Jasa

Bisnis di sektor jasa bisa dikatakan usaha yang membutuhkan modal kecil bahkan nyaris tanpa modal. Banyak Pilihan untuk merintis usaha dari ide bisnis modal kecil di sektor jasa, seperti:

  • Bisnis laundry masih cukup terbuka, kesibukan dan padatnya kegiatan mahasiswa dan para pekerja kantoran menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan.
  • Jasa cuci kendaraan bermotor tak pernah sepi peminat, banyak orang yang antri cukup lama menunggu gilirannya.
  • Bimbingan belajar atau les privat pelajaran sekolah, musik dan bahasa asing banyak diminati para mahasiswa untuk menambah uang saku mereka.
  • Penjahit baju dan pakaian merupakan bisnis yang tidak pernah sepi peminat, apalagi di saat tahun ajaran baru dan lebaran.
  • Author atau kreator konten, akhir-akhir ini semakin banyak orang yang memakai jasa penulis artikel untuk dibuatkan konten yang relevan dengan usahanya.

2. Jualan Produk

Tidak semua usaha berjualan produk membutuhkan modal yang besar, beberapa bisnis jualan bisa dilakukan dengan modal yang terbatas, seperti:

  • Jualan kuota paket internet dan pulsa listrik maupun telephone atau pembayaran online PPOB. Saat ini banyak dibutuhkan, karena daya tariknya yang menguntungkan para pelanggannnya, selain praktis transaksinya bisa dilakukan kapan saja.
  • Berjualan produk-produk online, seperti reseller maupun dropshiper untuk; baju, sepatu, kosmetik dan lain sebagainya.
  • Berjualan barang-barang bekas layak pakai yang lebih dikenal dengan barkas, saat ini sudah marak di beberapa kota besar. Untuk barang bisa didapatkan atau dibeli dari mahasiswa yang telah lulus dan mau pindah keluar kota.

 

Karena modalnya kecil dan terbatas, hati hati dalam mengelola bisnis tersebut. Gunakan media sosial dan kegiatan Car Free Day  sebagai media promosinya. Jangan mudah bosan dan gampang menyerah ketika terjadi masalah, lakukanlah dengan sabar. Sebab membangun bisnis itu seperti membangun rumah, yang semuanya harus dimulai dari dasar atau pondasinya. Semoga bermanfaat.