Cara Melatih Kepedulian Terhadap Sesama

Cara Melatih Kepedulian Terhadap Sesama

Indonesia telah terbukti sebagai bangsa besar, bangsa yang kuat. Beragam ujian sukses dilalui bersama. Sekarang ini, ujian namanya virus corona mendekati bangsa ini.

Seperti ujian yang lain, waktunya seluruh putra putri bangsa tanpa melihat kelompok, suku, agama, dan yang lain, mengetepikan ketidaksamaan dan bergandengan tangan, sama-sama memberikan dukungan, sama-sama memperkuat. Seperti yang dicontohkan dalam hadist tentang sedekah.

COVID-19 yang karena virus corona yang menjadi wabah, sudah banyak memukul beragam bidang penting.

Ada keluarga yang kehilangan selama-lamanya bagian keluarga tersayang, ada beberapa usaha bidang tidak resmi, usaha rumahan, karyawan terlepas, sampai bidang pariwisata, barang, dan jasa yang alami kesusahan dan rugi besar, dampak wabah COVID-19.

Menyaksikan keadaan sekarang ini, sebaiknya kita lebih perduli keduanya. Beberapa hal yang dapat kita kerjakan sebagai wujud kepedulian pada sama-sama, yang memerlukan bantuan.

Kemungkinan bantuan itu berkesan tidak demikian besar, dapat sebuah panggilan bertanya berita lewat pesan singkat di tengah-tengah periode karantina mandiri, memberi support dan semangat ke mereka yang positif COVID-19, sampai menolong keperluan primer untuk mereka yang terimbas wabah.

Apa saja memiliki bentuk, kepedulian benar-benar bermanfaat di periode seperti sekarang ini. Sampai pada akhirannya wabah virus corona ini usai dan lenyap dari tanah Indonesia.

Berikut enam langkah yang bisa dilaksanakan Anda untuk menolong sama-sama saat wabah virus corona.

Langkah yang Bisa Dilaksanakan untuk Menolong Sama-sama Saat Wabah Virus Corona

1. Memberi Kontribusi Makanan

Beberapa orang yang menumpuk beragam jenis makanan dasar sampai tisu toilet karena cemas di periode wabah COVID-19 ini. Bila Anda sebagai satu antara orang itu, pikirkan dan lihatlah orang yang lain tidak sanggup untuk membeli.

Sekarang ini saat yang pas untuk menyumbang beberapa yang Anda punyai ke orang yang lain lebih memerlukan. Banyak di luaran sana orang yang terimbas karena menebarnya virus corona dan tidak mampu untuk beli makanan.

BACA JUGA  Tips Memilih Merk Antena Tv Digital untuk Siaran Tv yang Jernih

Anda bisa memberi makanan langsung ke yang memerlukan atau lewat organisasi yang beroperasi di sektor kontribusi pangan.

Bila Anda ingin memberinya lewat sebuah organisasi, kontak dulu organisasi yang berkaitan dan tanya makanan apa yang sekarang ini mereka perlukan.

Pikirkan untuk menyumbangkan makanan ke organisasi yang salurkan makanan maka ke yang memerlukan. Anda dapat berperan serta sebagai sukarelawan bila organisasi itu memerlukan tenaga untuk membikin makanan dan membawanya.

2. Menolong Famili dan Tetangga

Kunjungi famili atau tetangga paling dekat yang memerlukan supply keperluan setiap hari mereka. Kemungkinan dari mereka ada yang memerlukan atau kesusahan penuhi keperluan pada kondisi sekarang ini.

Secara eksklusif, bila Anda ada jauh dengan famili yang lebih tua, kemungkinan Anda bisa menelepon mereka, dan membelikan stock keperluan supaya mereka tak perlu keluar dari rumah, ingat lanjut usia terhitung barisan yang paling rawan terjangkit virus corona.

Jika Anda akan pergi supermarket, kemungkinan Anda bisa bertanya ke tetangga apa yang mereka perlukan. Beberapa minggu ini jadi saat yang bisa kita pakai untuk memperkuat bersilahturahmi dengan tetangga paling dekat, walau tidak dapat bertemu langsung.

3. Jaga Komunikasi dengan Keluarga atau Rekan

Sekarang ini, walau secara kondisi fisik kita tidak bisa berjumpa dengan keluarga atau rekan paling dekat, kita bisa sama-sama memberikan support dengan jaga komunikasi.

Masih tetap berbicara dengan famili dekat bisa memberi ketenangan ke mereka serta kita sendiri. Hal itu bisa menghindari kita dari Stres dan depresi karena pada kondisi yang susah.

Anda bisa lakukan telephone dengan teratur tiap hari atau lakukan panggilan video hingga bisa bertatapan muka sama mereka.

4. Donor Darah

Bila Anda pada kondisi sehat dan bisa mencapai tempat pendonoran darah, pikirkan untuk mendonorkan darah Anda.

Sama seperti yang dijumpai, banyak pendonor yang tidak dapat penuhi jadwal donor darah karena kekuatiran terjangkit virus corona.

BACA JUGA  Jenis Jenis Kakao yang Ada Di Dunia!

Di lain sisi, pemakaian darah untuk operasi dan orang yang membtuhkan tidak menyusut sama sekalipun. Hal itu jadikan stock darah yang ada jadi semakin berkurang serta habis.

5. Menolong Tenaga Kesehatan

Sekarang ini, menolong petugas kesehatan jadi perlakuan yang paling diperlukan. Tenaga medis sebagai garda paling depan dalam tangani wabah COVID-19, mereka menjaga dan berusaha mengobati orang yang terkena virus corona.

Anda bisa menolong dengan memberi masker atau alat perlindungan diri (APD) yang bisa menolong mereka tangani beberapa pasien, sampai makanan dan minuman kecil yang dapat dikonsumsi saat istirahat.

Kontribusi yang Anda beri dapat segera dikasih ke rumah sakit yang tangani pasien positif COVID-19 atau lewat organisasi kesehatan yang bisa salurkannya ke rumah sakit yang memerlukan.

6. Memberikan dukungan Usaha Lokal

Banyak usaha yang terimbas dari penebaran virus corona ini. Hasilnya ialah banyak warung, restaurant, supermarket, dan pasar tutup sebentar.

Tetapi, ada banyak warung makanan tepi jalan dan toko sembako yang masih tetap membuka karena tidak mempunyai alternatif lain untuk cari uang.

Ini saat yang pas untuk beli makanan dan sembako pada mereka karenanya terus beli barang atau makanan pada mereka ialah hal yang paling menolong supaya usaha lokal terus bertahan.

Namun dengan catatan, semua dilaksanakan dengan patuhi anjuran yang berjalan selama saat wabah virus corona, seperti jaga jarak, rajin membersihkan tangan, kenakan masker, dan tata langkah yang lain bermanfaat untuk menghindari Anda dari resiko terkena virus corona atau menyebarkan virus ke seseorang.

Anda bisa juga menolong usaha lokal dengan beli produk lewat program dan web e-commerce supaya usaha mereka masih tetap jalan.