3 Berita Terkini Seputar Pendidikan di Indonesia

Berita Terkini Seputar Pendidikan di Indonesia

Berita terkini pendidikan Indonesia penting untuk diketahui. Sudah satu tahun lamanya Indonesia mengalami pandemi global yang menyebabkan pendidikan dan pembelajaran tidak bisa berjalan maksimal. Semua pembelajaran harus beradaptasi dengan gaya belajar baru yakni secara daring. Pembelajaran daring ini diklaim kurang efektif dengan kondisi yang ada. Ada beberapa berita yang bisa menunjukkan bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia di masa pandemi ini. Berikut adalah 3 berita seputar pendidikan di Indonesia yang perlu Anda baca:

1. Tanggapan Kemendikbud Terkait Hilangnya Frasa Agama Pada Draf Peta Jalan Pendidikan 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud menyatakan tanggapan mereka terkait hilangnya frasa agama pada draf peta jalan pendidikan. Kementerian menyatakan bahwa “Visi Pendidikan Indonesia” dalam “Roadmap Pendidikan Nasional 2020-2035” masih berupa draf. Totok Suprayitno selaku Direktur Badan Litbang dan Pembukuan Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa pemerintah masih memperbaiki roadmap pendidikan yang masih dalam tahap penyempurnaan ini. 

berita seputar pendidikan di indonesia

Kritik tersebut awalnya dibuat oleh eksekutif pusat Muhammadiyah. Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah, menyatakan hilangnya bahasa agama dari perspektif pendidikan merupakan salah satu bentuk perjuangan dengan konstitusi. Karena melanggar ketentuan diatas yaitu; peraturan pemerintah, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, UUD dan Pancasila Tahun 1945. Ia meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar tidak menghilangkan bahasa agama dalam roadmap pendidikan tahun 2020-2035. 

BACA JUGA  Jenis Jenis Kakao yang Ada Di Dunia!

2. Diperlukannya Kader Penggerak Pendidikan di Indonesia Semasa Pandemi 

Proses pengajaran telah disesuaikan dengan kehidupan baru atau new normal di era pandemi ini. Pada pertengahan Maret, tepatnya satu tahun, terjadi perubahan mendasar dalam proses pembelajaran. Siswa tidak lagi menghadapi guru secara langsung. Bahkan, mereka harus mengecek android setiap hari untuk mengikuti proses pembelajaran itu sendiri. Hal inilah yang disebut online atau pembelajaran daring. 

Pembelajaran daring sendiri adalah sebuah sistem pembelajaran online yang tidak dapat dihindari karena kebutuhan situasi. Namun, kurangnya interaksi dalam proses pembelajaran kita akan membawa efek yang tidak sederhana. Sistem online yang termasuk dalam jaringan internet tidak hanya mahal, tetapi juga berdampak besar pada psikologi siswa. Padahal, pendidikan merupakan proses yang komprehensif. Bukan sekedar untuk menularkan ilmu. Pendidikan adalah proses transformasi.

Karena itulah banyak pihak yang menyebut bahwa negara ini membutuhkan kader penggerak pendidikan di Indonesia selama masa pandemi ini. Pernyataan ini ditujukan terutama bagi anak-anak usia dini dan yang masih duduk di bangku sekolah. 

3. Vaksinasi Covid-19 Bagi Mahasiswa Menurut Kemendikbud

BACA JUGA  Pengamat Politik Sekaligus Guru Besar FISIP UI Arbi Sanit Dikabarkan Meninggal Dunia

Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan mahasiswa juga akan segera mendapatkan vaksinasi COVID-19. Sejak vaksinasi tahap pertama, vaksinasi COVID-19 telah diberikan kepada mahasiswa, yaitu mahasiswa kedokteran yang sedang mengenyam pendidikan dan praktik di rumah sakit rekomendasi COVID-19. 

berita seputar pendidikan di indonesia

Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan Tinggi mengatakan sebelum datangnya vaksinasi COVID-19 secara nasional, pimpinan dinas pendidikan didorong untuk mempercepat pembelajaran tatap muka sesuai dengan kondisi dinas pendidikan dan implementasi peraturan kesehatan. Ia berharap tidak ada kesalahpahaman tentang kapan kampus bisa dibuka kembali secara terbatas. Beliau mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 dapat mempercepat kesiapan belajar tatap muka di lingkungan perguruan tinggi. Ia juga berharap seluruh warga perguruan tinggi bisa sabar menunggu dan terus mendukung program vaksinasi ini. 

3 berita diatas bisa mewakili berita terkait pendidikan yang sedang ada di Indonesia. Tentunya, kita semua ingin agar pembelajaran segera kembali normal. Apa yang bisa kita lakukan? Salah satunya adalah mendukung vaksinasi nasional yang akan dilakukan oleh pemerintah.