Eh, Ternyata Menteri Perhubungan Indonesia Adalah Seorang Arsitek Lho

arsitek budi karya sumadi

Siapa sangka bahwa Budi Karya Sumadi yang juga merupakan Menteri Perhubungan dalam Kabinet Indonesia Maju ini adalah seorang arsitek dan lulusan terbaik dari Universitas Gadjah Mada jurusan arsitektur pada tahun 1981 silam. Jabatan yang didapatinya kini bukanlah hal yang baru, pasalnya sejak tahun 2016 lalu beliau sudah didapuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menempati posisi Menteri Perhubungan. Sebelum nasib membawa Budi Karya pada jabatan pemerintahan dengan posisi yang cukup berpengaruh dalam bidang perhubungan, dulunya beliau adalah seseorang yang terlihat hilir mudik di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Setelah berhasil menyelesaikan studi strata satunya di UGM, sebagai arsitek muda, beliau langsung bekerja di salah satu Perseroan Terbatas (PT) yang keberadaannya cukup tersohor hingga saat ini, yaitu PT Pembangunan Jaya pada tahun 1982-2004. Dalam periode karirnya tersebut, beliau berhasil menduduki posisi jabatan sebagai Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Setelah periode kerja di PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk rampung, beliau melanjutkan karir sebagai Direktur Utama di salah satu BUMD tepatnya di PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di tahun 2004- 2013.

menteri perhubungan arsitek
Selama Budi Karya menjabat sebagai bos Jakpro, beliau menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang arsitek dengan melakukan revitalisasi di sejumlah tempat diantaranya adalah taman kota Waduk Peluit dan Waduk Ria-Rio. Selain itu berkat buah pikirannya sebagai arsitek, beliau juga berhasil merampungkan proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Marunda.

Karir cemerlang Budi Karya tak berhenti sampai disitu saja, jasa arsitek yang beliau miliki setelah periode jabatannya di perusahaan lama selesai, ia didapuk sebagai Direktur Utama PT. Angkasa Pura II yang mana perusahaan ini merupakan BUMN dalam negeri yang mengelola 13 Bandara termasuk didalamnya adalah Bandara Soekarno Hatta.

arsitek
Itulah sepenggal perjalanan karir si arsitek Budi Karya sebelum mengemban amanat di jajaran pemerintahan Joko Widodo. Dalam wilayah penanganannya, beliau banyak dihadapkan dengan berbagai macam problematika dalam bidang perhubungan baik dalam sektor darat, udara maupun laut. Bahkan dalam kiprah karirnya selama menjadi Menteri Perhubungan, beliau pernah dikecam beberapa pihak yang menganggap kinerjanya tak becus untuk mundur. Itulah kisah menarik dari Budi Karya yang bisa Anda jadikan motivasi diri. Semoga bermanfaat bagi Anda yang masih mahasiswa arsitektur.