Aneka Kriteria Jasa Aqiqah di Bandung Terpercaya

Jasa aqiqah Bandung: Semakin banyak lembaga penyedia layanan aqiqah yang tersebar di berbagai daerah. Adanya jasa ini tentunya mempermudah pelaksanaan prosesi aqiqah karena tidak mempersiapkan segala keperluannya sendiri. Akan tetapi, tidak sedikit yang bingung mencari jasa aqiqah paling tepat.

Calon konsumen harus selektif dalam memilih jasa aqiqah yang terpercaya. Saat ini, ada oknum tidak bertanggung jawab dengan mendirikan lembaga aqiqah tidak sesuai syariat. Terutama memilih jasa aqiqah Bandung. Pasalnya, daerah ini terdapat banyak sekali jasa aqiqah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, konsumen harus mengetahui langkah memilih jasa aqiqah terpercaya.

Memilih Lembaga yang Sudah Dikenal Banyak Orang

Lembaga aqiqah yang sering digunakan sudah pasti profesionalismenya terjamin. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait lembaga aqiqah. Saat ini mengumpulkan informasi sangat mudah. Tinggal ketik nama lembaga yang bersangkutan pada mesin pencarian, semua informasi yang dibutuhkan akan muncul.

Lihat juga review pelanggan melalui website resmi lembaga tersebut. Biasanya, lembaga yang mendapat banyak penilaian positif memiliki pelayanan cukup bagus. Selain mencari informasi melalui internet, lakukan survey langsung dengan bertanya pada orang terdekat yang pernag menggunakan lembaga aqiqah.

Jangan mudah percaya dengan jasa aqiqah begitu saja, tetap kumpulkan informasi yang benar-benar valid. Cari tahu juga bagaimana lembaga tersebut melayani konsumen. Jika sudah menemukan yang tepat dan meyakinkan, barulah memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

Pastikan Lembaga Mengikuti Tata Cara Syar’i

Sebagai pelakasana, sebaiknya mengetahui apa itu aqiqah dan tujuannya. Memahami tata cara aqiqah yang sesuai syariat islam dan sunah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pengetahuan mengenai aqiqah dapat dipelajari melalui hadist-hadist yang diriwayatkan oleh perawi sahih. Memahami tata cara aqiqah  dapat memudahkan konsumen mencari lembaga yang berjalan sesuai syariat.

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah sunah, sehingga harus dilakukan dengan mengikuti perintah yang ada. Jadi, jangan sungkan bertanya secara langsung pada pihak penyedia jasa. Jika perlu, minta video dokumentasi penyembelihan hewan aqiqah.

Pastikan binatang disembelih oleh ahlinya, ahli yang dimaksud adalah penyembelih muslim dan berakah sehat yang memahami rukun-rukun aqiqah. Jika masih ragu, beberapa jasa aqiqah di Bandung memperbolehkan konsumennya menyembelih sendiri. Biasanya pihak lembaga hanya melakukan pengolahan dagingnya.

baca juga paket aqiqah bandung

Lihat Kualitas Hewan yang Ditawarkan

Hewan yang digunakan untuk aqiqah umunya adalah kambing atau domba. Syarat kambing atau domba yang diperbolehkan untuk aqiqah antara lain sehat jasmani tanpa cacat, tidak ditentukan jenis kelaminnya, bukan hewan hasil mencuri, dan memasuki usia satu tahun untuk kambing, serta usia 6 bulan untuk domba.

Pastikan lembaga aqiqah menyediakan hewan dengan kriteria tersebut. Jasa aqiqah yang terpercaya akan memperbolehkan konsumennya memilih langsung kambing atau domba di kandang.  Konsumen juga dapat menilai kualitas hewan aqiqah yang disediakan oleh lembaga.

Jika lembaga yang dipilih memiliki banyak alasan saat konsumen ingin melihat kondisi hewan, bisa jasi lembaga tersebut abal-abal. Konsumen tidak dapat memastikan hewan dalam kondisi sehat dan benar-benar gemuk.

Paket yang Disediakan Beragam

Lembaga profesional menyediakan lebih banyak paket aqiqah, baik dari segi harga maupun menu penyajian. Dengan begitu konsumen dapat memilih paket sesuai budget dan penyajian sesuai kebutuhan. Salah satu jasa aqiqah Bandung yang menyediakan banyak paket adalah As-Sabiq.

As-Sabiq menyediakan paket harga kambing dari Rp800.000,- hingga Rp2.300.000,- saja. Pengolahan daging disesuaikan dengan permintaan konsumen. Soal rasa, sudah pasti kelezatannya terjamin. Pengemasan makanan juga higienis dan rapi, sehingga tidak akan tumpah selama proses pengiriman.

Jangan Langsung Tergiur dengan Harga Murah

Lembaga penyedia jasa aqiqah berlomba-lomba menawarkan harga murah untuk menarik para konsumen. Sebagai konsumen yang bijak, jangan termakan dengan berbagai bonus yang menggiurkan. Sebaiknya cari tahu lebih lanjut terkait kejelasan jasa tersebut. Tidak salah mencari jasa aqiqah yang murah, tapi alangkah baiknya bandingkan terlebih dahulu harga masing-masing lembaga.

Harga sangat menentukan kualitas, ketika memilih jasa dengan harga murah perhatikan cara memasak dan tempat penyajiannya. Daging yang diolah dengan cara yang tidak tepat dapat menimbulkan penyakit. Misalnya, tempat memasak yang disediakan lembaga kurang bersih. Hal ini bisa memicu datangnya lalat atau hewan pembawa penyakit lainnya. Hasil olahan dading jadi tidak higienis. Meskipun murah, lembaga harus tetap memenuhi standar kesehatan. Memilih jasa aqiqah tidak hanya fokus pada harga saja. Kualitas hasil masakan juga perlu diperhatikan.

Memiliki Armada Pribadi untuk Mengantar Pesanan

Mungkin banyak yang bertanya kenapa kepemilikan armada pribadi begitu penting? Jika armada yang digunakan untuk mengantar pesanan adalah milik sendiri, kecil kemungkinan terjadinya keterlambatan. Jasa aqiqah yang baik tentu harus memiliki armada pribadi untuk pengiriman paket makanan ke pelanggan.

Memilih jasa aqiqah memang tidak mudah, konsumen harus tahu siapa pendiri lembaga aqiqah tersebut. Jangan sampai pelaksanaan ibadah ini tidak sukses karena mendapat jasa yang tidak bertanggung jawab. Supaya aqiqah berjalan sesuai dengan harapan, pelajari standar umum dalam mencari jasa aqiqah di Bandung. Jangan sampai salah pilih ya!