Apa Sih Hari Akhir Itu?, Apakah Benar Akan Terjadi?

Berbicara tentang hari akhir, yang merupakan salah satu cabang aqidah umat muslim yang harus kita yakini dan benarkan baik dengan lisan maupun hati dan perbuatan.

Tapi sayangnya banyak dari kaum muslimin tidak mengetahui hakikat tentang hari kiamat ini sehingga banyak dari kita tidak mempersiapkan untuk menyambut hari akhir tersebut.

Di sini akan kami sedikit jelaskan pengertian hari kiamat, yang bertujuan agar semua kaum muslimin mengimaninya dan meyakininya bahwa kelak hari tersebut akan datang.

Penjelasan Hari Kiamat

hari kiamat

Hari kiamat atau di sebut juga dengan hari akhir adalah hari dimana hancurnya alam dunia ini, dan berganti ke alam akhirat.

Ini juga menandakan akan di mulainya hari perhitungan atas semua amal umat manusia semasa hidup di dunia, dimulai dari padang mahsyar dan diakhiri dengan surga atau neraka.

Jika kita semasa hidup di dunia beriman dan islam lalu mengamalkan amalan sholeh dan sedikit atau tidak melakukan kemaksiatan, maka kita akan mendapatkan kenikmatan abadi di dalam surga.

Sebaliknya jika kita menjadi orang dengan keyakinan berbeda dengan islam atau kata lain kafir maka akan mendapatkan kesengsaraan yang abadi di neraka.

Tapi jika kita adalah orang beriman dan islam tapi banyak melakukan dosa, maka amal dan dosa akan di timbang, jika berat amalnya maka akan selamat dan masuk surga, tapi jika berat dosanya maka akan di bersihkan terlebih dahulu di neraka sebelum masuk ke dalam surga.

Jadi hari akhir atau kiamat adalah hari hancur leburnya jagat raya beserta isinya.

Apakah Kiamat Benar Akan Terjadi?

Lalu ada juga orang yang meragukan akan datangnya hari kiamat, jika yang meragukan tersebut adalah orang islam, maka ia telah murtad, karena ini adalah aqidah yang harus di yakini kebenarannya.

Jika yang meragukan akan datangnya hari akhir adalah orang selain muslim, maka itu hak mereka dan sebenarnya dalam ajaran dan keyakinan merekapun ada yang namanya hari akhir.

Memang akan sangat tidak masuk akal jika orang tersebut berfikir kritis dan hanya mengedepankan akal, sedangkan akal kita sejatinya adalah terbatas, banyak perkara-perkara yang di luar nalar manusia, dan orang muslim tugasnya adalah menerima dan meyakini apa yang sudah di kabarkan oleh Allah dalam kitabnya AL Quran.

Sebenarnya banyak sekali hadits dan Ayat Al Quran yang menerangkan tentang akan terjadinya hari kiamat ini, jika keimanan kita tipis maka akan sulit untuk meyakininya.

Hari Akhirat adalah Tempat Pembalasan

Di atas sudah sedikit kita singgung tentang hari akhirat, bahwa hari akhirat adalah hari dimana semua amal manusia di timbang dan di beri balasan yang setimpal.

Jadi keyakinan muslim sudah sangat jelas, apapun yang kita perbuat di dunia ini akan mendapatkan balasannya yang setimpal, jadi jangan sia siakan sisa usia kita dengan maksiat dan dosa, tapi isilah hari hari kita dengan amal sholeh.

Karena setelah kita meninggal dan dikubur, maka saat kiamat terjadi semua orang akan di bangkitkan dari kubur ke alam akhirat (padang mahsyar), setelah itu akan di hadapkan ke mizan atau timbangan amal, lalu akan melalui jembatan shirat, setelahnya akan ke qontara sebelum masuk ke surga.

Untuk kaumkafir dan munafik tidak akan melaluiitu semua tapi akan langsung di giring memasukineraka jahanam,inilah keyakinan kaum muslimin yang harus di pegang erat-erat karena ini akan menentukan murtad tidaknya kita.

Demikian sekilas penjelasan tentang arti kiamat dan akhirat, semoga kita semua di selamatkan dan di masukan ke dalam surga.