Doa Supaya Hujan Berhenti dan Doa Setelah Hujan Turun

Doa yang menghentikan hujan ini akan dibaca ketika sudah parah, atau dengan kata lain dikhawatirkan akan membawa bencana. Hujan adalah presipitasi cair, tidak seperti presipitasi non-cair, seperti salju, es batu, dan retakan. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer yang tebal untuk memenuhi suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan bumi. Di Bumi, hujan adalah proses pengembunan uap air di atmosfer menjadi sebutir air yang cukup deras untuk jatuh dan mencapai bumi.

Doa Supaya Hujan Berhenti

Dikutip dari waheed baly Dua proses yang dapat terjadi secara bersamaan dapat mendorong lebih banyak udara jenuh sebelum hujan, yaitu mendinginkan udara atau menambahkan uap ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh di Bumi tetapi menguap sebelum mencapai bumi; Ini adalah cara untuk menjenuhkan udara. Hujan terbentuk oleh tabrakan antara tetesan air atau kristal es dengan awan. Air hujan memiliki berbagai ukuran mulai dari kecepatan, seperti pancake (biji-bijian besar), hingga bola (biji-bijian kecil).

Ketika musim kemarau tiba, setiap manusia ingin segera turun hujan. Namun terkadang hujannya sangat deras dan akan lama menyebabkan banjir, tanah longsor dan sebagainya. Ketika hujan turun cukup lama, bacalah doa untuk menghentikan hujan.

Doa berhenti hujan

Di bawah ini adalah doa yang dapat kita baca dari kita ketika kita ingin hujan berhenti

اَللّٰهُمَّ حَوَالَيْنَاوَلاَعَلَيْنَا اَللّٰهُمَّ عَلَى الْاَ كَامِ وَالظِّرَابِ وَبُتُوْنِ

Allaahumma walaa lainnya “alainaa Allaahumma” alal aliasami wadhdhirabi wabutuunil audiyati wamanaabati.

“Ya Tuhan, hujan di sekitar kita, bukan kita. Ya Tuhan, berikan hujan ke dataran tinggi, beberapa kuburan lembah dan beberapa bumi yang menumbuhkan pohon”.

Doa Setelah Hujan Turun

Bacaan Doa setelah hujan Dilengkapi dengan tulisan Arab, Latin, dan makna. Hujan adalah salah satu hadiah dan bantuan yang ditawarkan oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala. Tetapi hujan terkadang membuat lingkungan alami tampak gelap dan dikelilingi oleh kilat, angin, dan kilat, yang menjadikan hujan sebagai sumber kegelisahan bagi makhluk hidup, bukan pengecualian manusia. Kerumunan orang cenderung mengeluh ketika musim hujan tiba.

Meskipun hujan adalah sumber kehidupan, hujan yang turun dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi makhluk hidup di bumi. Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk mempertahankan kehidupan. Karena itu, nabi Muhammad mendorong kita untuk bersyukur atas hujan melalui doa.

Setiap Muslim menginginkan berkah dari Allah. Ini juga termasuk harapan bahwa hujan tidak berbelas kasihan, bukan hujan yang merusak atau menyebabkan banjir.

Karena itu, ketika hujan turun, Anda harus sholat atau berdzikir kepada Allah. Bacaan saat hujan adalah sebagai berikut

مُطِرْنَابِفَضْلِ اللّٰهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthrinaa bifadhlillaahi warahmatihi

“Kami telah diberi hujan oleh berkah dan rahmat Allah.”

Sumber : doa meminta hujan